• 26 April 2024

Fakta Arwana Super Red

Di luar negeri nggak bisa. Di Malaysia mungkin bisa juga tapi indukkan kualitasnya tidak sebagus yang berada disini..

Tangerang – Arwana merupakan ikan hias favorit di Indonesia. Jenisnya yang beragam dan harganya selangit membuat jenis ikan air tawar ini memiliki tempat istimewa dihati para pecinta ikan hias. Bentuknya unik, ukurannya besar dan warnanya beragam tentu membuatnya lebih menarik dibanding ikan lainnya.

Tubuhnya memanjang mencapai 1,2 meter dan bentuk moncong menghadap keatas menjadi ciri khas ikan air tawar ini. Arwana juga mampu menghirup oksigen langsung dari udara tidak seperti kebanyakan ikan lainnya.

Baca Juga: Seni Berbisnis Arwana Super Red

Ikan yang berasal dari keluarga Osteoglossidae ini memiliki berbagai spesies yang tersebar di wilayah yang berbeda. Mulai dari spesies arwana silver dikenal berasal dari Brazil yang hidup di sungai Amazon, arwana cross back berasal dari Malaysia, arwana hijau dari Asia dan arwana super red berasal dari Sungai Kapuas Hulu, Indonesia.

Melihat banyaknya hal unik dari ikan arwana khususnya jenis super red yang merupakan ikan asli Indonesia, Jagadtani.id telah merangkum fakta-fakta menarik seputar arwana super red. Yuk catat informasi berikut.

Baca Juga: Tips Merawat Arwana Super Red

Termasuk Ikan Hias Termahal

Arwana dikategorikan sebagai ikan termahal karena pemeliharaannya yang terbilang tidak mudah. Karena saat sudah memutuskan memeliharanya, maka sahabat tani harus siap untuk memperhatikan air dalam aquarium supaya selalu bersih. Dengan memperhatikan kondisi airnya ini menjadi salah satu faktor penting agar kesehatannya tetap terjaga dan tidak mudah stress. “Untuk ternak ikan ini susah, karena dia kan lebih ke musim-musiman jadi lebih ke arah musim hujan ya kalau nggak salah itu lebih banyak panen, ketika musim kemarau sedikit,” terang Hans Christian, owner Aquatics, kepada Jagadtani.id. Pria usia 28 ini menambahkan untuk harga ikan arwana jenis super red ukuran 12 cm dihargai dengan RP 3 juta, sementara untuk harga tertingginya bisa mencapai ratusan juta per ekor.

Baca Juga: Langkanya Si Raja Arwana

Jenis Hewan yang dilindungi

Ikan berwarna merah ini termasuk hewan yang dilindungi, untuk memeliharanya perlu mendapatkan perizinan. Selain itu, jenisnya pun langka spesies arwana super red sekali ternak hanya menghasilkan sekitar 20 ekor, sedangkan arwana silver mampu menghasilkan 100 ekor.

Tidak bisa diternak Negara lain

Menurutnya, arwana super red termasuk salah satu maskot Indonesia, karena hanya bisa diternakan di Indonesia. “Di luar negeri nggak bisa. Di Malaysia mungkin bisa juga tapi indukkan kualitasnya tidak sebagus yang berada disini,” ungkapnya saat ditemui di ruko ikan peliharaannya yang terletak di Alam Sutera, Kelurahan Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Baca Juga: Makanan Alami untuk Ikan Hias

Bisnis arwana super red sebagai Investasi

Memelihara arwana super red ini bisa membawa keuntungan tersendiri bagi pemelihara. “Pertama, piara arwana super red ini dianggap sebagai investasi, bisa dibilang seperti itu karena makin besar ukuran, maka harganya makin mahal. Kedua, piara arwana super red itu ada seninya. Jadi nggak seperti kita pelihara ikan yaudah tunggu sampai besar. Tapi ketika melihara super red itu dimana ada tahap dimana harus merahin ikannya, jadi ketika udah bisa merahin ikannya, disitu nilai seninya,

Baca Juga: Terhipnotis Eksotisnya Black Arwana Brazil

Related News