• 25 April 2024

Tips Merawat Arwana Super Red

uploads/news/2021/04/tips-merawat-arwana-super-21872ccbfad88a3.jpg

"Kualitas warna arwana Super Red menjadi point penting untuk bisnis dan kontes. Semakin merah warnanya, semakin mahal pula harga jual ikan tersebut"

Tangerang- Arwana Asia atau nama lain Scleropages formosus adalah salah satu ikan air tawar asli dari Asia Tenggara. Ikan ini termasuk kedalam keluarga Osteoglossidae. Arwana masih populer dikalangan para kolektor. sebab, memiliki tubuh yang unik dan juga warnanya yang indah. Berbagai macam jenis ikan arwana diantaranya ikan arwana Red Tail Golden, ikan arwana Banjar, ikan arwana Black Golden, ikan arwana Super Red.

Ikan arwana Super Red merupakan ikan yang paling diminati oleh kolektor arwana. Berasal dari sungai Kapuas di Kalimantan Selatan. Harga yang di patok pada ikan arwana Super Red berkisar jutaan sampai dengan puluhan juta.

Baca Juga: Bisnis Untung Arwana Super Red

Bentuk tubuh yang memanjang dan warna merah mencolok membuat arwana Super Red berbeda dari arwana jenis lainnya. Itu sebabnya, arwana Super Red masih memiliki nilai jual yang tinggi.

Ali Kholidin, SQ, pemilik Pakjing Arwana yang ada di sekitar Kelurahan Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Ia mengaku menjual arwana Super Red dari mulai baby hingga kontes.

“Kami khusus menjual arwana Super Red atau merah super mulai dari baby sampai kontes punya. Ikan ini berasal dari Indonesia, dan masih menjadi raja ikan arwana di Indonesia. Jenis arwana ini lah yang menjadi pilihan kami untuk dipelihara dan dijual”, ujar Ali saat ditemui tim Jagadtani.id.

Baca Juga: Langkanya Si Raja Arwana

Menurutnya, merawat ikan arwana jenis Super Red tidak begitu sulit. Karena ikan ini tidak seperti ikan-ikan lainnya yang membutuhkan air ekstra.

“Perawatan ikan arwana sebenarnya sangat mudah. Karena dia tidak membutuhkan air yang super esktra. Kalo khusus Super Red dia harus membutuhkan air yang TDS nya dibawah 100 untuk memunculkan warna alami gen ikan tersebut. Sehingga menjadi indah pada waktu dewasa nanti,” ungkapnya.

Kualitas warna arwana Super Red menjadi point penting untuk bisnis dan kontes. Semakin merah warnanya, semakin mahal pula harga jual ikan tersebut.

Pakan yang diberikan juga berpengaruh terhadap kualitas warna arwana Super Red. Pakan hidup seperti kelabang, jangkrik, ulat, udang. Udang dipercaya cukup baik untuk menghasilkan warna merah pada arwana Super Red.

Baca Juga: Aneka Jenis Ikan Hias Predator

“Pakan arwana dia rata-rata pakan hidup. Tapi untuk arwana Super Red. Dia untuk memunculkan warna gen merah nya itu, dia harus diberi makan udang. Udang pasar yang warnanya hitam, itu cepat untuk memunculkan warnanya,” tambahnya.

Tanning khusus arwana Super Red juga dianjurkan untuk menghasilkan warna merah pada arwana Super Red.

Tanning adalah sebuah metode untuk mengubah warna ikan arwana Super Red dari warna asli. Tanning digunakan sebagai pengganti sinar matahari untuk perkembangan ikan arwana.

“Disamping itu juga, pencahayaan matahari atau didalam ruangan pakai lampu tanning. Tanning didalam ruangan itu akan memunculkan warna merah di arwana Super Red itu sangat pengaruh sekali,” ucapnya.

Baca Juga: Mengenal Gabus Termahal di Dunia

Ali menegaskan, perawatan air dalam akuarium sebaiknya dilakuakan secara berkala untuk perkembangan ikan tersebut. “Kalau di akuarium ganti air tiga hari sekali. Separuh, 50% kita buang airnya kemudian kita tambah lagi 50%. Tiga hari sekali seperti itu, untuk menjaga kualitas air dan oksigen tetap terlaksana,” tutupnya.

Related News