• 26 October 2021

Opor Ayam untuk Rayakan Lebaran

uploads/news/2021/05/opor-ayam-untuk-rayakan-20463f25815c007.jpg
SHARE SOSMED

"Opor ayam yang gurih paling enak dinikmati dengan ketupat, disantap bersama dengan keluarga untuk menyambut awal hari yang baru"

JAKARTA - Lebaran adalah salah satu dari hari raya umat muslim di seluruh dunia, pada hari lebaran biasanya orang-orang membuat resep makanan khas seperti gulai daging, rendang, dampai ketupat. Rasanya kurang lengkap bila ketupat tanpa hidangan opor ayam. Opor ayam yang gurih paling enak dinikmati dengan ketupat, disantap bersama dengan keluarga untuk menyambut awal hari yang baru. 

Resep opor ayam selalu banyak dicari setiap tahunnya terutama menjelang hari Lebaran. Opor ayam bisa dibuat dengan campuran ayam kampung agar hasil kuahnya gurih berkaldu. Cara memasak opor ayam tidak sulit. Cukup siapkan bahan-bahan, tumis bumbu dan juga campurkan dengan ayam, tahu ataupun telur. Enak dipadu bersama dengan ketupat ataupun lontong.

Baca Juga: Pilihan Salad untuk Seimbangkan Nutrisi

Untuk sahabat tani pencinta pedas bisa menambahkan potongan cabai rawit ataupun disajikan dengan sambal. Sebelum berkutat di dapur untuk menyiapkan hidangan istimewa Idul Fitri, simak resep opor ayam di bawah ini ya.

Bahan
Satu ekor ayam, potong sesuai selera menjadi delapan bagian atau lebih. Lumuri dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit, kemudian bersihkan.
Santan atau susu cair.

Baca Juga: Kelezatan Rempah dari Ragit Jalo

Bumbu halus
6 siung bawang merah, tumis
3 siung bawang putih, tumis
4 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1,5 sdt jinten, sangrai
1/2 sdt lada
1/2 sdt pala
4 cm kayu manis

Baca Juga: Santap Ikan Pari untuk Berbuka

Bumbu lain
2 batang serai
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
Satu ruas jari jahe, geprek
5 cm lengkuas, geprek
Garam, gula secukupnya

Baca Juga: Cumi Raksasa untuk Berbuka Puasa

Cara
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai wangi dan tanak. Lalu masukkan bumbu lain seperti serai, daun salam, daun jeruk, jahe dan lengkuas.

Masukkan ayam, aduk rata hingga daging ayam berubah warna. Masukkan air hingga ayam terendam, tutup panci. Tunggu hingga air menyusut, lalu koreksi rasa dengan gula dan garam. Tambahkan santan atau susu sesuai selera. Bila ingin kuahnya banyak, tambahkan santan atau susu lebih banyak. Opor ayam siap dinikmati.

Baca Juga: Tips Praktis Mengolah Ikan Asap

Related News