• 28 September 2021

Tips Praktis Mengolah Ikan Asap

uploads/news/2021/05/tips-praktis-mengolah-ikan-83630f3877d9c45.jpg
SHARE SOSMED

"Untuk mendapatkan hasil awetan yang bermutu tinggi diperlukan perlakuan yang baik selama proses pengasapan"

JAKARTA - Siapa sahabat tani yang suka makan ikan? tidak hanya digoreng ataupun dibakar, Dalam Proses pengolahan ikan ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah dengan cara pengasapan. Pengasapan merupakan salah satu cara memasak, memberi aroma, atau proses pengawetan makanan, terutama daging, ikan.

Baca Juga: Manfaatkan Seluruh Bagian Tubuh Ikan

Dulu makanan diasapi dengan panas dan asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu, dan tidak diletakkan dekat dengan api agar tidak terpanggang atau terbakar. Sekarang di era kemajuan teknologi proses pengasapan ikan dilakukan dengan peralatan seperti lemari asap yang dapat dibuat sendiri atau dipesankan secara mudah dan tersedia di dalam negeri yang terbuat dari bahan logam galvanis.

Ikan cepat mengalami proses pembusukan. Oleh sebab itu pengawetan ikan perlu diketahui semua lapisan masyarakat. Pengawetan ikan secara tradisional bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam tubuh ikan, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak.

Baca Juga: Makanan Alami untuk Ikan Hias

Untuk mendapatkan hasil awetan yang bermutu tinggi diperlukan perlakuan yang baik selama proses pengasapan seperti, menjaga kebersihan bahan dan alat yang digunakan, menggunakan ikan yang masih segar, serta garam yang bersih.

Pengasapan merupakan cara pengolahan atau pengawetan ikan dengan menggunakan asap yang berasal dari pembakaran kayu atau bahan organik lainnya. tujuan pengasapan ikan yaitu mengawetkan ikan dengan memanfaatkan bahan-bahan alam dan memberi rasa serta aroma yang khas.

Baca Juga: Fakta Arwana Super Red

Jenis Pengasapan Ikan ada pengasapan dingin, yaitu temperatur pengasapan 40-50 derajat celcius, lama pengasapan 1-2 minggu, daya awet 2-3 minggu. kemudian Pengasapan panas, yaitu dengan temperatur 70-100 derajat celcius, waktu pengasapan beberapa jam, daya awet 2-3 hari. Dan yang terakhir pengasapan listrik dan pengasapan cair yang sedang berkembamg saat ini.

Bahan-bahan yang sahabat tani butuhkan dalam pengasapan yaitu kayu, serbuk gergaji, sabut kelapa, merang, ampas tebu, bonggol jagung. jenis ikan yang bisa diolah dengan metode ini yaitu ikan cakalang, tongkol, layang, bandeng, teripang, cumi-cumi, teri, dll.

Baca Juga: Resiko Jika Kurang Makan Sayur

Cara membedakan kriteria mutu ikan asap yang baik bisa dilihat dari cokelat keemasan, berbau asap, rasanya lezat tanpa rasa getis atau pahit, serta teksturnya kompak, tidak lembek, rapuh , dan lengket. 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App