• 16 April 2024

Manfaatkan Seluruh Bagian Tubuh Ikan

uploads/news/2021/04/manfaatkan-seluruh-bagian-tubuh-660977e67e910b7.jpg

"tidak hanya untuk dimakan, limbah dari ikan yang biasanya kita buang bisa dimanfaatkan menjadi bahan masakan sampai kerajinan tangan"

Jakarta - Sudah tahu belum sahabat tani? kalau ternyata seluruh bagian tubuh ikan bisa dimanfaatkan loh. sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi ikan itu sangat bagus untuk kesehatan. Mengonsumsi ikan dan telur ikan dianjurkan karena merupakan salah satu sumber protein hewani kaya akan kandungan nutrisi.

Mulai dari asam lemak Omega-3, asam lemak tak jenuh, mineral dan vitamin A, D, B6, dan B12. Namun ternyata, tidak hanya untuk dimakan, limbah dari ikan yang biasanya kita buang bisa dimanfaatkan menjadi bahan masakan sampai kerajinan tangan loh sahabat tani.

Melansir dari kkp.go.id Berikut bagian-bagian tubuh ikan yang dapat dimanfaatkan.

Kepala, Tulang, dan Sirip

Untuk bagian kepala, tulang, dan sirip sahabat tani bisa memanfaatkannya menjadi gelatin, tepung ikan, cemilan tulang ikan, dan asam lemak omega 3.

Baca Juga: Cukupi Kebutuhan Protein Selama Ramadhan

Daging

mungkin sahabat tani sudah bosan dengan sajian ikan yang itu-itu saja. agar sajian ikan lebih bervariasi sahabat tani bisa mengolah saging ikan menjadi fillet, kerupuk ikan, abon, ikan kaleng, bahkan dendeng ikan juga enak loh sahabat tani.

Jeroan

Jarang ada yang mengetahui bahwa jeroan ikan ini juga banyak manfaatnya. Jeroan ikan banyak mengandung protein dan lemak tak jenuh.  lemak tak jenuh terutama omega 3 dan omega 9 dapat bermanfaat mencegah inflamasi dalam tubuh. nah untuk pemanfaatannya sahabat tani bisa jadikan jeroan menjadi minyak ian, isi perut tuna asin, silase, dan isinglas.

Baca Juga: Gurame, Penambah Imun Selama Puasa

Air Cucian Ikan

Banyak yang mengira bahwa air bekas cucian ikan hanya limbah tak berguna yang biasanya langsung dibuang begitu saja. Padahal, air bekas mencuci ikan bisa sangat bermanfaat untuk tanaman. Sebab, di dalam air tersebut terkandung unsur hara yang sangat bagus untuk tanaman. Misalnya saja, unsur nitrogen, fosfor, dan kalium yang bisa membuat tanaman jadi subur. selain itu bagi sahabat tani yang suka makan pasta, untuk merebus pastanya bisa menggunakan air cucian ikan agar lebih gurih. tapi pastikan air cucian yang paling terakhir ya sahabat tani agar terhindar dari bakteri.

Kulit

mengonsumsi ikan lengkap dengan kulitnya justru menjamin nutrisinya tidak berkurang selama proses masak. Kulit ikan juga memiliki beragam manfaat, termasuk untuk kesehatan kulit dan jantung. Tak perlu khawatir akan keamanan mengonsumsi kulit ikan selama sudah dibersihkan. Bahkan, banyak olahan khusus kulit ikan yang lezat seperti salmon skin yang cukup populer. selain sebagai makanan kulit ikan juga bisa sahabat tani manfaatkan sebagai kerajinan tangan seperti sepatu.

Baca Juga: Bantuan KKP untuk Pembudidaya Lampung

Related News