• 3 May 2024

Mengatasi Rasa Bosan Pada Kucing

uploads/news/2021/04/mengatasi-rasa-bosan-pada-6979900c17935c1.jpg

"kucing akan merasakan bosan atas apa yang mereka makan. Maka dari itu diperlukan selingan makanan agar nutrisinya tetap terjaga"

Jakarta – Jika kita disuguhkan makanan yang itu-itu saja pasti akan merasa bosan. Ya, karena sahabat tani pasti memiliki makanan favorit untuk dimakan. Begitu juga dengan kucing. Sahabat Tani tau gak, sih? Bukan cuma manusia saja yang bisa merasa bosan. Kucing pun bisa merasakan bosan. Kita mungkin bertanya-tanya mengapa kucing enggak mau makan.

Itu karena mereka akan merasakan bosan apabila disuguhkan makanan yang itu-itu saja. Tidak heran banyak pecinta kucing membeli pakan lebih dari satu jenis. Bukan hanya makanan kering, terkadang makanan basah, cemilan bahkan vitamin bulu tanpa ragu mereka ambil dari rak etalase petshop demi kebahagian sang peliharaan.

Baca Juga: Alasan Kucing dilarang Memakan Nasi

Seperti Umi, warga lebak bulus, kecamatan cilandak, Jakarta selatan, yang belum lama ini Jagadtani.id temui. selain memberi makanan kering, ia memberikan kucingnya cemilan berupa ikan yang dibelinya di pasar. "Untuk selingannya itu saya kasihnya ikan cue tongkol yang saya beli di pasar. Seminggu bisa abis Rp 300 ribu untuk kucing-kucing saya" ujar Ibu rumah tangga yang memiliki sembilan ekor kucing indoor dan tiga kucing outdoor itu.

Baca Juga: Pentingnya Sterilisasi Pada Kucing

Menurutnya, kucing akan merasakan bosan atas apa yang mereka makan. Maka dari itu diperlukan selingan makanan agar nutrisinya tetap terjaga. Pemberian vitamin juga perlu untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap resiko terjangkitnya virus dan penyakit lainnya.
Kucing sejatinya adalah hewan Karnivora, Yaitu mereka pemakan daging. Tapi, itu bukan berarti kucing merasa cukup hanya dengan makan daging saja.

Di dalam makanan kering, terdapat kandungan vitamin yang tidak ada di daging. Misalnya kandungan Omega 3 dan 6 diperlukan untuk kesehatan bulu. Selain itu terdapat bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk pencernaan dan kesehatan kucing.
Selain makanan kering, produsen-produsen makanan kucing juga memproduksi makanan basah dengan berbagai varian rasa. Seperti misalnya ikan tuna, salmon, ayam, dan lainnya.

Baca Juga: Kucing Busok, Leopard dari Madura

"Terkadang kucing saya enggak mau makan makanan keringnya, itu saya akalin dengan mencampur dengan makanan basah yang baunya cukup menyengat, gunanya agar mereka tetap makan." jelasnya. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah untuk selalu menyediakan air bersih untuk diminum setelah makan, agar pencernaannya tetap terjaga. "Jangan salah, kucing itu peka banget urusan suhu dan rasa. Aku lupa ganti air minumnya, nah dia enggak mau tuh minum. Malah lari ke kamar mandi, dia minum di bak mandi jadinya" Tutupnya.

Baca Juga: Tips Jitu Merawat Bulu Kucing

Related News