• 25 April 2024

Tips Jitu Merawat Bulu Kucing

uploads/news/2021/02/tips-jitu-merawat-buku-6988626789f79f2.jpg

"Kendalanya banyak, kalo aku kan uangnya masih dari orang tua, jadi kadang nyisihinnya masih agak sulit"


JAKARTA - Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan. Dari kebanyakan orang yang memelihara kucing pasti pernah mengalami permasalahan dalam melakukan perawatan terhadap bulu kucing.


Pemeliharaan hewan menggemaskan ini memang tidak hanya sekedar pemberian pakan dan penyediaan kandang yang sesuai. Lebih dari itu, pemiliknya disarankan untuk melakukan perawatan rutin seputar bulunya.


Sahabat Tani pecinta kucing, tentu sering mengalami rontoknya bulu pada kucing. Untuk itulah perlu melakukan perawatan untuk meminimalkan masalah tersebut. Seringkali Sahabat Tani mengabaikan kendala yang terjadi saat memelihara kucing, sehingga berdampak buruk. Seperti yang dialami Saidah Fatimah Azzahro warga Gang H Saidi, RT003/RW006, Kel. Babakan, Kec. Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini sudah sejak lama memelihara kucing. Banyaknya kendala mengharuskan Saidah merawat ekstra para kucingnya. “Kendalanya banyak, kalo aku kan uangnya masih dari orang tua, jadi kadang nyisihinnya masih agak sulit. Kendala lainnya kalo kucingnya suka kabur ke luar, kadang kalo balik lagi suka bawa penyakit buat dirinya, jadi harus ekstra buat ngebersihinnya lagi," ucap Saidah kepada Jagadtani.id belum lama ini.


Saidah memberikan tips untuk merawat bulu kucing agar tetap bersih dan sehat. Berikut telah dirangkum versi Jagadtani.id.


Menjaga Kebersihan Kandang
Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bulu kucing ialah dengan menjaga kebersihan kandang kucing agar tidak lembab atau kotor. Karena itu akan memancing jamur atau parasit di bulu kucing. Jika kucing berada didalam sebuah ruangan, suhu dalam ruangan juga bisa mempengaruhi rontoknya bulu kucing. Suhu yang terlalu dingin membuat bulu kucing bisa menjadi lembab dan berjamur.


Perhatikan Asupan Perawatan Bulu Kucing
Selain menjaga kebersihan kandang, Sahabat Tani perlu memperhatikan asupan apa saja yang dapat membantu merawat bulu kucing agar tetap terlihat menggemaskan. Sahabat Tani bisa memberikan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, asam lemak, vitamin dan mineral seperti dryfood dan wetfood atau bisa dikombinasikan keduanya juga.
Kuning telur yang sudah di rebus juga cocok untuk menjadi pakan kucing, karena didalam kandungan dari kuning telur terdapat beberapa vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk kesehatan kucing.
Namun untuk memberikan kuning telur jangan terlalu sering - sering ya sahabat tani, karena kandungan nutrisi yang diperlukan kucing tidak cukup cuman dari kuning telur saja. Setelah kebersihan kandang dan memberikan makanan yang mengandung banyak vitamin.


Perhatikan Kebersihan Kucing
Sahabat Tani juga harus memperhatikan kebersihan kucing tersebut dengan menyisir rambut kucing secara rutin setiap hari, apalagi kalau ras kucing longhair. Selain menyisir memandikan kucing sebaiknya dua minggu sekali, tergantung ras dan ketebalan bulu kucing.


Berjemur
Mengajak kucing berjemur agar mendapatkan manfaat sinar matahari juga langkah preventif mencegah parasit datang ke bulu kucing. Jika terlihat adanya jamur namun tidak terlalu banyak, mandi menggunakan shampo anti jamur dan gunakan vco, namun jangan terlalu sering memandikannya. Jika jamur mulai menyebar sebaiknya langsung dibawa ke dokter hewan, jangan menunggu hingga parah agar segera diberikan pertolongan terbaik. Jamur mudah sekali menyebar ke seluruh tubuh jika tidak segera diperiksa dan diobati oleh dokter hewan. Selain itu, jamur juga bisa menular kepada pemilik kucing.

Related News