• 16 April 2021

Mengenal Beluga, Si Murah Senyum

uploads/news/2021/03/mengenal-beluga-si-murah-79701e7a171b1a4.jpg
SHARE SOSMED

"paus ini dikenal sebagai mamalia paling ramah, karena ciri khasnya yang sering tersenyum"

Jakarta – Sahabat tani sudah pernah lihat mamalia paus yang ramah dan suka tersenyum? Kalau belum pernah, yuk kenalan dengan paus beluga. Jenis hewan ini punya keunikan sendiri loh. Paus beluga atau paus putih adalah jenis cetacean yang terdapat di wilayah perairan laut Kutub Utara dan sekitarnya. Beluga adalah salah satu dari dua jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan Narwhal, atau paus bertanduk. paus ini dikenal sebagai mamalia paling ramah, karena ciri khasnya yang sering tersenyum. Melansir dari website kkp.go.id. berikut ciri-ciri paus Beluga si lucu menggemaskan.

Pintar dan Ramah Kepada Manusia

mamalia ini dikenal ramah dan tidak takut pada manusia. Beluga juga dikenal sebagai hewan sosial dan kerap ditemukan berenang bersama kelompoknya di alam liar. Jika sahabat tani menjumpai mereka dilaut, jangan lupa untuk bersiap-siap mereka wajah lucunya mengguanakn smartphone atau kamera ya!

Baca Juga: Terdamparnya Bangkai Paus Biru

Dijuluki 'kepala melon'

paus ini dijuluki sebagai kepala melon karena dahinya. bulatan ini merupakan organ berlemak yang membantu proses ekolokasi, yaitu berkomunikasi dengan menggunakan gema. Gelombang ini memiliki kecepatan fantastis, yakni sekitar 1,6 km per detik loh! Dengan sistem ekolokasi ini beluga dapat menentukan ukuran, bentuk, kecepatan dan jarak objek di dalam air. Inilah yang membantu mereka dalam bernavigasi dan berkomunikasi.

Baca Juga: Fenomena Terdamparnya Paus Biru

Bisa Makan hingga 27 kg Per hari

Dikenal sebagai pemangsa yang bisa memakann lebih dari dari 100 jenis hewan laut. ia bisa makan sekitar 2,5 hingga 3 persen dari berat tubuh atau 18,2 sampai 27,2 kg per hari. Beluga diketahui memangsa ikan, cumi-cumi, gurita, siput, dan krill, sejenis udang berukuran kecil.

Baca Juga: Penanganan Saat Paus Pilot Terdampar

Warna Tubuh yang Menyamar

Kata beluga berasal dari istilah Rusia 'bielo' yang berarti putih. Memang, beluga memiliki warna dominan putih dan menjadi ciri khasnya dibanding paus lain. Namun, ternyata warna ini memiliki fungsi yang penting loh sahabat tani, yaitu untuk membaur dengan lingkungan sekitar. Saat beluga berenang di lapisan es kutub, warna tersebut bertindak sebagai bentuk kamuflase. Inilah yang membuat mereka terhindar dari pemangsa, seperti beruang kutub atau paus orca. Selain itu, saat lahir, bayi beluga tidak berwarna putih, melainkan abu-abu. Unik bukan?

Kerabat Terdekat Paus Bertanduk

Beluga memiliki relasi dekat dengan narwhal, paus bertanduk penghuni lautan arktik. Diketahui bahwa mereka berada pada keluarga yang sama, yakni Monodontidae. Selain tinggal di lautan yang sama, mereka juga diketahui sebagai hewan yang sangat sosial. Bahkan, beberapa kali, beluga dan narwhal tertangkap sedang berbaur dan berenang bersama.

Baca Juga: Kemunculan Hiu Paus Saat Pandemi

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App