• 25 April 2024

Binahong, Tanaman Obat Bernilai Tinggi

uploads/news/2020/08/binahong-tanaman-obat-bernilai-3661182928405cf.jpeg

Khasiatnya yang bisa dirasakan dalam hitungan jam, merupakan alasan utama harga daun binahong yang dibuat dalam bentuk kapsul berharga mahal.

MALANG - Kesehatan merupakan modal utama dalam hidup.

Jika kesehatan dapat dijaga dengan baik, maka berbagai kegiatan akan ringan dijalankan.

Masing-masing orang memiliki cara untuk menjaga kesehatan atau sedang dalam masa penyembuhan, salah satunya dengan pengobatan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau tanaman obat.

Baca juga: Desa Tanaman Hias di Batu

Penjelasan rinci mengenai deskripsi obat tradisional, tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 007 tahun 2012 pasal 1 ayat 1.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan, obat tradisional merupakan bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Salah satu tanaman yang kerap menjadi referensi penyembuh luka sejak dulu yaitu binahong.

Tanaman binahong sendiri, sebetulnya merupakan tanaman rambat yang dapat tumbuh di daerah dingin maupun tropis.

Bentuk daunnya yang terlihat mirip seperti daun waru dalam versi ukuran lebih kecil, seringkali dikira sebagai tanaman liar.

Pernyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman binahong diataranya yaitu: luka pasca operasi, luka bakar, asam urat, anemia, maag, mencegah kanker, mengatasi anemia, dan masih banyak lagi.

Khasiatnya yang bisa dirasakan dalam hitungan jam, merupakan alasan utama harga daun binahong yang dibuat dalam bentuk kapsul berharga mahal.

Pasien rawat jalan pasca pengangkatan tumor payudara, Dewi (56) mengaku, luka pasca operasinya sudah kering total setelah tiga kali mengkonsumsi kapsul binahong.

Sementara Cucu (45) menyatakan, ia sungguh terbantu dengan obat herbal daun binahong pasca operasi melahirkan (caesar).

Luka jahit dan beberapa luka terbuka lainnya lebih cepat kering berkali lipat.

Baca juga: Mengenal Jasa Pemeliharaan Ternak

Sayangnya, karena tidak dibudidayakan secara khusus, obat daun binahong dihargai Rp216.000 per kapsulnya di salah satu apotek di Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur

 Sementara, di toko khusus obat-obatan herbal di Kota Denpasar, Bali dihargai Rp280.000 per kapsulnya.

Padahal, hanya butuh sekitar enam bulan untuk mulai tanam hingga panen daun binahong.

Related News