• 8 May 2024

Konsumsi Jamur, Si Sumber Vitamin

uploads/news/2020/04/konsumsi-jamur-si-sumber-73533ede4fe94e1.jpg

Ada beragam jenis jamur yang bisa dibudidayakan dan dikonsumsi. Antara lain jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake dan jamur kancing. Jenis jamur tersebut mudah diperoleh di supermarket maupun pasar tradisional.

JAKARTA - Jamur merupakan tanaman yang memiliki berbagai varietas termasuk ke dalam dua jenis yang berbeda ada yang dibudidayakan, dan ada pula yang dibiarkan liar begitu saja di tanah-tanah serta batang pepohonan.

Dalam sebuah mitos dari jamur cerita rakyat memiliki hubungan mistis, terdapat peri-peri yang sering digambarkan sedang duduk di atas mereka, dan jamur diketahui bermunculan semalaman dalam cincin peri. Namun, Sahabat Tani perlu tahu, tanaman yang memiliki sebutan fungi ini, ternyata banyak nutrisi dan mengandung vitamin D yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Mengenal Daun Katuk Pelancar ASI

Sebagaimana wabah yang telah terjadi di berbagai negara, yakni wabah virus corona atau Covid-19, virus ini dapat menyerang siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Maka dari itu, saat ini masyarakat menjadi sering mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan juga bernutrisi serta meminum vitamin atau pun jamu yang dapat menambah stamina dalam tubuh.

Banyak juga ibu rumah tangga yang memasak sayuran, seperti bayam, sayur lodeh, kangkung, tumis buncis, pepes jamur dan sebagainya. Memilih membuat masakan dari tanaman jamur bukanlah hal yang buruk, karena jamur sendiri memiliki rasa yang enak dan lembut sehingga cocok dikonsumsi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo sendiri telah menginstruksikan kepada masyarakat untuk terus melakukan pengembangan komoditas holtikultura yang merupakan sebagai pendukung perekonomian. Namun yang utamanya ialah komoditas yang memiliki pengaruh nilai ekonomi yang besar, salah satu komoditasnya ialah jamur.

Di dalam tanaman tersebut khususnya dibagian dagingnya memiliki jumlah protein yang sama baiknya dengan hewan namun jamur lebih sehat untuk dikomsumsi. Dari jenis jamur bulat (puffball) hingga truffle, harganya dapat berkisar murah hingga yang mahal. orang dapat membelinya secara masih segar, kalengan atau kering.

Melansir dari Medicalnewstoday.com, jamur memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, dan antioksidan sehingga tanaman ini berpotensi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Banyak pula dari masyarakat Indonesia yang sering menggunakan jamur dalam masakannya,  berupa tumisan, pepes ataupun goreng crispy dengan tepung.

 “Ada beragam jenis jamur yang bisa dibudidayakan dan dikonsumsi. Antara lain jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake dan jamur kancing. Jenis jamur tersebut mudah diperoleh di supermarket maupun pasar tradisional,” kata Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jendral Hortikultura Kementan, Sukarman. seperti mengutip  JawaPos.com, belum lama ini.

Dari segi konsumen, jamur telah banyak diminati masyarakat sementara dari sisi produsen jamur memiliki banyak peluang usaha yang dapat dikembangkan dalam bidang budidaya maupun produksi jamur itu sendiri. Sukarman juga menjelaskan, saat ini kebutuhan konsumsi jamur di Indonesia cukup tinggi.

Selain itu Syahrul meyakini keadaan jenis tanaman ini mampu menjadi prospek yang cerah dari sisi kualitas maupun kuantitas. Berikut merupakan manfaat dari tanaman jamur yang dapat Sahabat Tani ketahui.

Melansir dari Merdeka.com belum lama ini, ada lima manfaat jamur untuk kesehatan tubuh. Yaitu, tanaman jamur dapat memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari bahkan saat memakan ekstrak jamur kancing maka Sahabat Tani akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

Jamur berpotensi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein serta anti-virus yang dapat melindungi dan memperbaiki sel jaringan tubuh. Jamur juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan sel dendritik yang terdapat dalam sumsum tulang tubuh.

Jamur dapat menjadi sumber anti-oksidan yang baik. Terdapat zat anti-oksidan selenium yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari gangguan kesehatan.

Mengontrol berat badan, saat ingin menurunkan berat badan bagi Sahabat Tani pecinta daging mulailah menggantinya dengan jamur. Menurut penelitian dengan mengkonsumsi jamur dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang.

Baca juga: Manfaat Bunga Matahari yang Sebenarnya

Jamur merupakan makanan alami yang dapat melawan kanker. Dengan mengkonsuminya secara teratur berpotensi menurunkan resiko terkena penyakit kanker payudara.

Sementara itu, jamur jenis Shitake dapat menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh. Maka ada baiknya dengan mengkomsumsi jamur secara rutin, enaknya dapat dan sehatnya pun juga dapat!

Related News