• 27 April 2024

Manfaat Bunga Matahari yang Sebenarnya

uploads/news/2020/04/manfaat-bunga-matahari-yang-5350875de14c17c.jpg

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular.

JAKARTA - Bunga matahari merupakan jenis tumbuhan semusim yang populer sebagai tanaman hias. Bunga matahari memiliki bentuk yang sangat khas dengan kepala bunga yang besar (bisa mencapai 30 sentimeter) dan berwarna kuning terang.

Bunga matahari biasanya tumbuh menghadap ke arah matahari. Selain memiliki bentuk yang indah, bunga matahari ternyata juga memiliki manfaat untuk tubuh manusia.

Bagian pada bunga matahari yang sangat sering digunakan yaitu pada bijinya. Biji bunga matahari yang biasa dikenal sebagai kuaci ini ternyata memiliki kandungan senyawa prostaglandin, betasitosterol, polifenol, dan flavanoida. Pada bagian bunganya memiliki kandungan echinocystic acid, healianthoside A, B, C, oleanolica acid, dan quercimeritrin.

Satu porsi biji bunga matahari dapat menghasilkan 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda serta mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat yang memiliki lemak, protein dan serat yang bisa membuat seseorang yang mengkonsumsinya merasa kenyang.

“Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular,” ujar ahli diet, Alissa Rumsey, seperti melansir Tirto.id.

Biji bunga matahari biasanya dijadikan cemilan atau juga dijadikan sebagai campuran roti gandum. Selain itu, biji bunga matahari juga bisa dijadikan sebagai minyak.

Minyak bunga matahari umumnya diproses dari ekstrak bijinya. Minyak ini biasanya digunakan sebagai obat untuk sembelit dan untuk campuran bahan makanan tertentu.

Seperti melansir Detik.com, selain terdapat manfaat pada bagian bijinya, bunga matahari juga memiliki manfaat pada bagian bunganya. Pada bagian bunga matahari biasanya digunakan sebagai minuman herbal, bisa dengan cara merebus kelopak bunga matahari atau campurkan ke dalam teh.

Kelopak bunga matahari dapat digunakan sebagai campuran minuman untuk meringankan sakit kepala, radang payudara dan sebagainya.

Related News