• 25 April 2024

Jus Mengkudu dapat Menyembuhkan Meningitis?

uploads/news/2020/04/manfaat-kesehatan-dari-dalgona-850750a84c94f31.jpg

Mengkonsumsi jus mengkudu hanya digunakan sebagai penunjang obat medis, bukan sebagai pengganti obat-obatan yang sudah ada dalam istilah kedokteran.

JAKARTA - Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput pembungkus otak (meninges). Meningitis biasanya disebabkan oleh berbagai organisme seperti virus, bakteri, maupun jamur yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak.

Penyakit meningitis ini biasanya terjadi pada anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Penyakit meningitis bisa diobati dengan melakukan terapi dan meminum obat dengan anjuran resep dari dokter.

Baca juga: Membuat Disinfektan Alami Tangkal Covid-19

Namun, karena biaya terapi dan obat yang cenderung mahal, beberapa orang beralih untuk mengkonsumsi obat herbal. Ada beberapa jenis obat herbal yang sering dicari orang untuk mengobati meningitis salah satunya yaitu jus mengkudu.

Mengkudu sendiri berasal Tahiti yang terletak di Samudra Pasifik, buah ini banyak digunakan sebagai obat herbal. Buah ini juga mengandung nutrisi dan zat yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Mengkudu juga memiliki anti-oksidan yang terdiri dari Vitamin C, A, B3 dan zat besi. Di dalam buah mengkudu juga terdapat xeronyne, flavonoid, terpenes, dan terpenoid yang mampu bekerja aktif sebagai anti toksin. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan regenerasi sel sehat dan juga mampu memperbaiki sel rusak akibat peradangan.

Namun nyatanya, mengkonsumsi jus mengkudu hanya digunakan sebagai penunjang obat medis, bukan sebagai pengganti obat-obatan yang sudah ada dalam istilah kedokteran.

Obat-obatan herbal biasanya hanya bersifat sebagai penunjang untuk membantu mengatasi gejala atau keluhan yang muncul pasca terapi, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti-oksidan, mengatasi gangguan makan atau gangguan tidur.

“Jadi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, bukan sebagai terapi alternatif karena pengobatan konvensional tetap jalan. Salah kaprah di masyarakat semuanya jadi alternatif. Obat-obatan medisnya ditinggalkan,” jelas Kepala Unit Complementary Alternatve Medicine (CAM) Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr. Aldrin, seperti melansir Detik.com.

Seperti melansir Hellosehat.com, walaupun mengkudu hanya bisa dijadikan sebagai penunjang obat medis pada penyakit meningitis, tetapi buah yang satu ini juga memiliki berbagai macam manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah tumor penyebab kanker, dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Dalgona Coffee

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengkonsumsi buah ini. Seperti, hindari mengkonsumsi buah mengkudu apabila memiliki riwayat penyakit ginjal atau pernah mengikuti diet rendah kalium.

Ini karena mengkudu memiliki kandungan kalium yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu bagi orang-orang yang rentan. Alangkah baiknya sebelum mencoba buah mengkudu, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter untuk tahu lebih lanjut.

Seperti melansir Fimela.com, untuk membuat jus mengkudu, siapkan terlebih dahulu satu buah mengkudu. Karena mengkudu memiliki aroma yang menusuk, Sahabat Tani bisa mencampur dengan buah lainnya seperti apel.

Hal ini untuk menambah rasa manis, agar tidak terlalu membuat mual saat diminum dan bisa juga menambahkan madu murni. Caranya, kupas dahulu buah mengkudu segar yang sudah matang.

Kemudian, buang bijinya. Blender hingga halus bersama apel dan madu. Setelah halus, jus siap disajikan. Tidak seperti jus buah lainnya, jus ini sebaiknya dikonsumsi sekali minum dan jangan disimpan di lemari es. Karena, khasiatnya akan berkurang dan kualitas jus menjadi berkurang.

Related News