• 9 Agustus 2020

Membuat Disinfektan Alami Tangkal Covid-19

uploads/news/2020/04/membuat-disinfektan-alami-tangkal-427630dd1bfcab5.jpg
SHARE SOSMED

Kalau saya sih inisiatif saja bikin dari bahan alami. Mudah-mudahan dengan usaha pencegahan yang kita lakukan ini dapat mencegah menyebarnya virus corona di lingkungan perumahan kita masing-masing.”

JAKARTA - Penyemprotan disinfektan untuk menangkal virus corona atau Covid-19 tengah giat dilakukan pemerintah dan juga secara mandiri oleh masyarakat. Disinfektan merupakan cara menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme baik virus maupun bakteri, pada objek permukaan benda mati.

Bahan disinfektan juga berbeda dengan antiseptik baik secara tujuan, dosis, dan teknik yang digunakan. Disinfektan alami sendiri bisa kita buat di rumah dari bahan yang ada.

Baca juga: Konsumsi Marmalade Dipercaya Cegah COVID-19

Cara membuatnya tidak sulit. Manin (53) pria asal Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini, membagikan tips cara membuat disinfektan dengan bahan alami.

“Pertama, siapkan setengah cangkir cuka putih, setengah gelas air, lalu 12-24 tetes minyak esensial kemangi, kayu manis, cengkih, kayu putih, dan jeruk nipis. Campurkan cuka, air, dengan kombinasi minyak esensial tersebut,” katanya saat ditemui JagadTani.id di rumahnya.

“Pilih salah satu sesuai wanginya, kemudian kocoklah campuran tersebut dalam botol spray. Langkah terakhir kalau mau disemprot di lap terlebih dahulu tempat yang mau disemprotnya biar tidak ada debu,” tambahnya.

Cara kerja disinfektan alami ini yaitu cuka putih dengan pH dan asam asetatnya yang rendah menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Cuka merupakan antiseptik ringan. Sementara minyak esensial menambahkan kualitas antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Mengutip Alodokter.com, disinfektan merupakan sterilisasi untuk benda mati sementara untuk manusia digunakan antiseptik. Bahan disinfektan berbeda dengan antiseptik baik secara tujuan, dosis, dan teknik yang digunakan.

Baca juga: Hand Sanitizer dari Sorgum Manis

Bahan antiseptik harus aman pada mata, kulit, maupun luka. Antiseptik biasanya digunakan untuk mencuci tangan, membersihkan permukaan kulit yang terluka, serta mengobati infeksi kulit.

“Kalau saya sih inisiatif saja bikin dari bahan alami. Mudah-mudahan dengan usaha pencegahan yang kita lakukan ini dapat mencegah menyebarnya virus corona di lingkungan perumahan kita masing-masing,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App