• 27 September 2020

Manfaat Kesehatan dari Dalgona Coffee

uploads/news/2020/04/manfaat-kesehatan-dari-dalgona-740858e960d841f.jpg
SHARE SOSMED

Kopi dikenal memiliki anti-oksidan yang tinggi dan berbagai nutrisi bermanfaat untuk tubuh, sementara tujuan minum kopi biasanya untuk meningkatkan energi.

JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, muncul trend kopi baru bernama Dalgona Coffee. Minuman kocok dengan campuran kopi dan susu yang terkenal lewat TikTok itu, bisa dibuat di rumah dan menjadi alternatif minuman saat masa physical distancing.

Melansir Kompas.com, Dalgona Coffee sendiri populer dalam acara TV di Korea Selatan pada Januari 2020. Melansir Spot, dalam acara TV tersebut, aktor Jung-Il-Woo pergi ke Makau, lalu mencoba minuman tersebut.

Baca juga: Konsumsi Marmalade Dipercaya Cegah COVID-19

Lalu ia memberi julukan Dalgona, karena mirip dengan permen spons tradisional dari Korea. Sejak saat itu, pengguna TikTok, YouTube, dan Instagram dari seluruh dunia tertarik untuk membuatnya.

Lalu dari mana awal mula Dalgona Coffee? Sejumlah sumber menyebutkan, kopi kocok ini berasal dari India, Pakistan, dan Makau.

Mengutip dari India Today, belum lama ini, Dalgona Coffee disebut mirip dengan Phenti Hui Coffee (kopi kocok) dari India. Pembuatannya pun sama, yaitu hanya dengan mencampurkan kopi, gula, dan sedikit air panas ke dalam cangkir.

Lalu, dikocok sampai berbusa. Setelah itu, tambahkan kocokan tersebut ke atas es susu. Para penikmat kopi di India yang melihat Dalgona Coffee akan merasakannya mirip dengan Phenti Hui atau Beaten Coffee.

Bedanya, ketika membuat Phenti Hui, susu dituangkan di atas campuran kocok tadi, bukan sebaliknya. Pada Dalgona Coffee, campuran yang berbusa atau hasil kocokan tadi ditaruh di atas susu agar terlihat menggiurkan.

Sementara itu, melansir Insider, Dalgona Coffee tidak muncul di pencarian Google hingga 26 Januari. Setelah itu, para YouTuber juga mulai tertarik membuat video yang menunjukkan cara membuat minuman tersebut.

Salah satunya YouTuber Korsel yang ikut mempopulerkan Dalgona Coffee yaitu J’adore. Videonya soal tantangan kopi karantina itu telah ditonton lebih dari 8,6 juta kali dan disukai lebih dari 195.000 kali.

Di Amerika Serikat, kopi ini mulai mendapat banyak perhatian pada Maret 2020. Tanda pagar #dalgonacoffee di TikTok mencapai 100 juta tampilan dan berisi berbagai cara membuat Dalgona Coffee dari yang berbau komedi hingga estetika.

Di Instagram, tagar tersebut juga populer. Orang-orang mulai mengkreasikan Dalgona Coffee dengan berbagai varian rasa.

Cara Membuatnya

Untuk membuat Dalgona Coffee, Sahabat Tani hanya perlu menyediakan tiga bahan yang mudah dicari, diantaranya susu cari, bubuk kopi dan gula. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuatnya adalah tuang susu cair ke dalam gelas, kemudian buat whipped cream kopi.

Untuk membuat whipped cream, campurkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan gula ke dalam satu sendok makan air panas. Jika sudah aduk kopi sampai menjadi busa menggunakan sendok dan blender.

Terlepas dari cara pembuatan yang mudah, Dalgona Coffee ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Lebih tepatnya manfaat ini berasal dari bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatannya yang terdiri dari susu cair, kopi dan gula.

Melansir dari Bolasport.com, kopi dikenal memiliki anti-oksidan yang tinggi dan berbagai nutrisi bermanfaat untuk tubuh, sementara tujuan minum kopi biasanya untuk meningkatkan energi. Pada umumnya, kopi mengandung kafein yang merupakan sejenis zat psikoaktif yang berguna dalam meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Kafein akan diserap ke aliran darah yang kemudian ditransfer ke otak, kandungan ini mampu menghambat adenosin neurotransmitter. Proses ini membuat jumlah neurotransmitter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, ini membuat seseorang lebih aktif dan waspada.

Baca juga: Bajigur, Minuman Pilihan ketika Hujan

Sementara susu mengandung banyak sekali protein, mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Gula yang terdapat di dalam Dalgona Coffe merupakan glukosa yang diserap sel-sel tubuh dan kemudian berubah menjadi energi dan energi cadangan.

Namun, tetap berhati-hati ya Sahabat Tani, efek samping jika kita terlalu sering meminum Dalgona Coffee ini akan menyebabkan sakit jantung dan diabetes di kemudian hari. Jadi kopi yang satu ini tidak boleh diminum terlalu sering.

Kita juga harus menyeimbangkan kandungan kolesterol dan gula yang ada di dalam tubuh.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App