• 26 April 2024

Bajigur, Minuman Pilihan ketika Hujan

uploads/news/2020/04/bajigur-minuman-pilihan-ketika-5972157c5bd8485.jpg

Di dalam bajigur terdapat gula aren yang memiliki kandungan kalium, fosfor dan juga protein lebih tinggi dari gula biasa.

JAKARTA - Indonesia kini sedang menghadapi cuaca yang tak menentu. Kadang panas, juga kadang hujan. Di saat cuaca dingin, biasanya menjadi waktu yang tepat untuk meneguk secangkir minuman hangat seperti minuman tradisional, bajigur.

Bajigur bisa dinikmati ketika sedang cuaca dingin. Saat meneguknya, Sahabat Tani akan merasakan sensasi santan yang gurih berpadu dengan manisnya gula aren. Juga rasa pedas yang terdapat dalam minuman berwarna cokelat ini berasal dari jahe.

Baca juga: Minuman Detoksifikasi dari Lemon

Minuman ini berasal dari tanah Sunda yang mayoritas masyarakatnya memiliki minuman wedang jahe dan sebagainya.  Bahan-bahannya berupa kopi, santan, dan gula aren. Biasanya penjual bajigur akan menyediakan minuman-minuman hangat lainnya seperti bandrek, kacang, ubi, pisang yang direbus dan masih banyak lagi.

Rasa khas Nusantara yang terkandung di dalam minuman ini memiliki sensasi menghangatkan tubuh. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan bajigur hanyalah kopi, gula aren dan juga santan. Tetapi dapat juga dinikmati dengan tambahan potongan roti serta kolang-kaling dijual di kedai maupun pedagang kaki lima.

Melansir dari Doktersehat.com, hasil studi yang dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB) University, bajigur gula yang menggunakan aren memiliki kalium, fosfor, dan protein lebih tinggi dari gula biasa. Sedangkan penggunaan vanilli terhadap minuman tersebut, mampu memberikan manfaat anti-iflamasi serta anti-oksidan yang baik untuk tubuh.

Untuk dapat menikmatinya saat sedang bersantai, Sahabat Tani dapat mencoba membuatnya di rumah. Karena bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah lho. Mengutip dari Sajiansedap.grid.id, bahan yang disiapkan berupa 2.500 ml santan cair, empat sendok teh kopi bubuk, 375 gram gula merah atau gula aren yang sudah disisir halus, 75 gram jahe, enam lembar daun pandan dibentuk simpul, dan empat sentimeter kayu manis.

Baca juga: Empon-Empon Favorit Jokowi Menangkal Covid-19

Takaran ini dapat disajikan sebanyak 10 gelas bajigur. Lalu langkah selanjutnya bakar, kupas, dan geprek jahe. Kemudian panaskan air hingga mendidih, selanjutnya masukan santan, kopi bubuk, gula merah atau gula aren, jahe, daun pandan, dan kayu manis.

Dianjurkan untuk tetap mengaduk minuman campuran bahan-bahan tersebut sampai mendidih, kira-kira selama 45 menit. Setelah mendidih, saring rempah-rempahnya dan bajigur siap untuk dinikmati selagi masih hangat. Beberapa isian yang dapat ditambahkan dalam minuman tersebut berupa kolang-kaling dan juga potongan roti tawar.

Related News