• 27 September 2020

Empon-Empon Favorit Jokowi Menangkal Covid-19

SHARE SOSMED

Bahan Jamu empon-empon itu kunyit, temulawak, serai, sama jahe. Itu bahan utamanya, tapi bahan tambahannya bisa pakai kayu manis, gula aren, dan asam jawa.”

JAKARTA SELATAN - Virus corona atau covid-19 telah diresmikan oleh WHO menjadi salah satu pandemik yang membawa kekhawatiran di seluruh penjuru dunia. Seluruh negara pun mempersiapkan berbagai alternatif pencegahan dan pengobatan baik bagi penyintas, maupun warganya yang dinyatakan negatif.

Bahkan sejak wabah covid-19 masuk ke Indonesia, sejumlah rempah-rempah semakin sulit dicari, hingga membuat harga bahan-bahan dasar ramuan herbal itu melonjak tinggi. Beruntung Indonesia kaya akan rempah-rempah.

Baca juga: Daun Kelor, Diyakini Cegah Covid-19

Salah satu rempah yang dipercaya dapat menangkal covid 19 yaitu kunyit, temulawak, serai, dan jahe. Jika semua rempah tersebut dicampur akan menjadi jamu yang biasa disebut dengan empon-empon. Manin, merupakan salah satu warga indonesia yang rutin membuat empon-empon ini untuk keluarganya di rumah.

Pria asal Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta ini, mendapatkan rempah-rempah tersebut dari hasil menanam sendiri. Dari hobi bercocok tanaman, terbukti setiap tumbuhan yang ia tanam dapat ia nikmati hasilnya sendiri. Asal tahu saja, empon-empon sendiri merupakan salah satu minuman favorit Presiden RI Joko Widodo.

Karena itu, saat ini banyak yang mempraktikkannya karena mengandung banyak vitamin untuk menjaga imunitas tubuh. Viralnya minuman empon-empon ini membuat banyak yang menjualnya di pasar atau di pinggir jalan. Saat ditemui Jagadtani.id di rumahnya belum lama ini, Manin membagikan tips cara menbuat empon-empon dengan mudah di rumah sendiri.

“Bahan Jamu empon-empon itu kunyit, temulawak, serai, sama jahe. Itu bahan utamanya, tapi bahan tambahannya bisa pakai kayu manis, gula aren, dan asam jawa,” ujar pria berumur 53 tahun tersebut

Cara membuatnya, lanjutnya, semua bahan dicuci sampai bersih dengan air mengalir lalu sereh dipotong dua bagian dan digeprek supaya aroma sereh keluar. Lalu iris jahe, kunyit, dan temulawak.

Baca juga: Sarang Burung Walet Cegah Covid-19

“Lalu semua emua bahan utama dan bahan tambahan direbus sampai mendidih dengan api sedang selama 10-15 menit lalu disaring minum selagi hangat,” sebutnya.

Nah, tidak sulit kan untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut? Sahabat Tani juga bisa membelinya di pasar atau tukang sayur lalu mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App