• 24 April 2024

Manfaat MSG untuk Menyuburkan Tanaman

uploads/news/2020/04/manfaat-msg-untuk-menyuburkan-1787577229033c7.jpg

Menyiramkan MSG pada tanaman dapat meningkatkan aktivitas mikroba tanah dan dapat memperbaiki proses pernafasan tanah itu sendiri.

JAKARTA - Monosodium glutamate (MSG) biasanya sering digunakan untuk menambahkan rasa makanan dan sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat. Biasanya zat ini ditambahkan ke beragam jenis makanan seperti sup, tumis, dan daging olahan.

Namun, tahukah sahabat tani bahwa MSG ini ternyata bisa dijadikan untuk menyuburkan tanaman? MSG memiliki senyawa C, N, H, O dan Na yang merupakan jenis senyawa yang diperlukan sebagai nutrisi perkembangan dalam tanaman.

Baca juga: Pati Sagu untuk Cemilan

MSG ternyata dapat membantu menyuburkan tanaman yang bisa dilihat dengan tanaman yang terlihat segar dan daun yang lebih hijau dan tampak lebat. Ahli Kimia Tanah dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Ir. Eko Hanudin mengatakan, jika menyiramkan MSG pada tanaman dapat meningkatkan aktivitas mikroba tanah.

Selain itu juga dapat memperbaiki proses pernafasan tanah itu sendiri dan hal itu yang kemudian berpengaruh pada kesuburan tanaman yang ditanam pada tanah yang telah disiram MSG.

“Iya terutama untuk tanaman pangan dan sayur-sayuran,” ujar Eko, Ahli Kimia Tanah UGM, seperti melansir Kompas.com belum lama ini.

Seperti melansir Harapanrakyat.com belum lama ini, sebaiknya pemberian MSG juga harus dengan dosis yang pas agar tanaman tidak layu dan mati. Berikut ini cara memberikan MSG pada tanaman:

Baca juga: India Kembangkan AI untuk Pertanian

Pertama, siapkan wadah kecil lalu tuangkan lima gram MSG. Kedua, tambahkan satu liter air. Ketiga, aduk hingga MSG larut dengan air. Keempat, siramkan pada tanah yang memiliki tumbuhan berumur dua minggu.

Namun, penggunaan MSG pada tanaman ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada tanaman yang sedang berbuah, karena dapat menyebabkan buah menjadi kurang segar. Jika ingin menggunakan MSG ini, lebih disarankan pada saat tanaman berusia dua minggu.

Related News