• 29 March 2024

India Kembangkan AI untuk Pertanian

uploads/news/2020/04/india-kembangkan-ai-untuk-83648c270eb7dd0.jpg

“Banyak faktor seperti perubahan iklim, pertumbuhan polupasi dan masalah ketahanan pangan, yang telah mendorong sektor ini untuk mencari pendekatan yang lebih inovatif untuk meningkatkan hasil pertanian yang lebih baik.

JAKARTA - Teknologi dalam dunia pertanian sudah ada sejak manusia pertama kali menanam bibit di tanah. Hingga kini, teknologi pertanian di dunia sudah mulai berkembang pesat. Dari bajak yang ditarik menggunakan kuda atau kerbau, hingga traktor otomatis, menjadikan teknologi pada teknik pertanian modern menjadi sangat luas.

Salah satu negara di dunia yaitu india akan segera mendapatkan teknologi platform pertanian Artifical Intelligence (AI) yang akan memanfaatkan dan menyusun basis data yang tersedia seperti rincian Aadhaar (kartu identitas kependudukan), catatan tanah, dan kesehatan tanah.

Baca juga: Boosting Stunting dari Ikan Baronang

“Akan ada platform untuk AI yang akan menjalankan basis data yang telah kami bangun. Misalnya, kami memiliki basis data catatan tanah, kami memiliki basis data kartu kesehatan tanah, kartu catatan tanah, kami juga memiliki basis data cuaca,” kata Presiden dan CEO Digital India Abhishek Singh, melansir  Navhindtimes.in.

“Semua data ini berhubungan dengan kata petani terkait dengan koordinat geospasial. Dan kemudian ada data dari catatan tanah, jumlah petani Aadhaar dan nomor ponsel mereka,” lanjutnya.

“Jadi kami akan memiliki semua data yang berbeda di tiap plastform dan jika data yang tersedia untuk pengembang AI ada kemungkinan dapat membangun solusi yang akan memandu petani untuk mencapai praktik pertanian yang terbaik,” tutupnya.

Seperti dilansir Analyticsindiamag.com, pembangan industri pertanian telah menjadi perhatian besar bagi pemerintahan India. Banyak faktor seperti perubahan iklim, pertumbuhan populasi dan masalah ketahanan pangan, yang telah mendorong sektor ini untuk mencari pendekatan yang lebih inovatif untuk meningkatkan hasil pertanian yang lebih baik.

AI dianggap dapat membantu mencapai visi misi yang diharapkan dengan cara berkontribusi pada bidang pertanian yang penting seperti: Pemilihan tanaman. Solusi berbasis AI sangat ideal untuk memilih tanaman berdasarkan parameter seperti jenis tanah, tanggal musim, ketersediaan dan keterjangkauan.

Baca juga: BPTP Palu Genjot Produktivitas Padi

Pemantauan tanaman. Hasil data dapat dikumpulkan menggunakan teknologi seperti drone dan satelit dari lapangan dan kemudian dipantau dan dianalisis oleh aplikasi berbasis AI untuk mengindentifikasi solusi yang cepat.

Data tersebut akan digunakan dalam menciptakan kerangka kerja yang tepat untuk petani dengan kebijakan yang tepat. Selain itu, membantu dalam menyatukan beberapa proyek pemerintah untuk mencapai target pengembangan petani dan sektor keseluruhan.

Related News