• 5 Juni 2020

Cara Cuci Buah&Sayur yang Baik

uploads/news/2020/04/cara-cuci-buah-sayur-yang-19291c850e45b27.jpg
SHARE SOSMED

“Mencuci buah-buahan dan sayuran kamu di bawah air mengalir selalu dianjurkan, bahkan walau kulitnya akan dibuang, seperti alpukat.

JAKARTA - Status pandemi virus corona atau Covid-19 yang telah menyebar di seluruh dunia kini memberi perubahan gaya hidup pada masyarakat, dari menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan hingga memilih asupan makanan yang bergizi untuk tubuh. Banyak orang yang khawatir setelah berbelanja di pasar atau supermarket, mereka khawatir dengan kondisi sayur dan buah  yang sudah dibeli, apakah terkontaminasi Covid-19 atau tidak.

Hingga kini belum ada penelitian khusus untuk mengetahui berapa lama Covid-19 akan bertahan pada sayur dan buah mentah, dan apakah Covid-19 bisa menempel pada bahan pangan mentah? Namun, untuk mencegah hal tersebut kita bisa melakukan proses pencucian sayur dan buah dengan benar untuk menghindari risiko paparan virus yang bisa saja terjadi.

Baca juga: Fakta Sayur Lodeh Cegah Covid-19

VP Pemasaran Naturipe Farms, CarrieAnn Arias mengatakan, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah belanja, baik di swalayan maupun lewat daring yaitu mencuci tangan. Setelah itu sayuran dan buah-buahan harus segera dicuci dengan air mengalir. Jangan lupa untuk kembali membersihkan tangan dan alat-alat yang akan atau telah selesai digunakan untuk menghindari penyebaran virus.

“Mencuci buah-buahan dan sayuran kamu di bawah air mengalir selalu dianjurkan, bahkan walau kulitnya akan dibuang, seperti alpukat,” jelas CarrieAnn Arias seperti melansir Kumparan.com, belum lama ini.

Seperti dilansir Detik.com, mencuci sayur dan buah hanya dengan menggunakan air, namun perlu ada teknik yang harus dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaannya. Cara mencuci sayur dan buah juga berdasarkan jenisnya. Jenis yang berbeda tentu akan menggunakan teknik yang berbeda.

Untuk mencuci sayuran hijau, pastikan setiap lembar daun terkena air saat mencucinya dengan menggunakan wadah. Isi wadah dengan air lalu rendam sayuran ke dalam wadah dan kibaskan sayuran agar kotorannya terlepas. Lalu diamkan hingga kotorannya jatuh ke dasar wadah lalu tiriskan dan cuci lagi sayuran dengan air mengalir. Jika sayuran masih kotor, ulangi langkah yang sama dengan wadah yang sudah dibersihkan.

Sedangkan cara mencuci sayuran akar yaitu dengan menggosok-gosok sayuran tersebut di air mengalir. Kemudian, sikat sayuran dengan sikat halus agar tanah yang menempel pada permukaannya larut. Terus lakukan hingga sayurannya bersih dari kotoran.

Kemudian untuk mencuci jamur, taruhlah di dalam wadah berbentuk saringan. Kemudian, bersihkan dengan cara mengayunkan jamur di bawah air mengalir. Serta pastikan air tersebut mengalir deras agar dapat menyemprot kotoran yang menempel pada jamur.

Baca juga: Kulit Jeruk dapat Melawan Covid-19

Sedangkan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan, taruhlah ke dalam wadah berisi air. Lalu diamkan beberapa saat dan kemudian cuci sambil digosok-gosok di bawah air yang mengalir yang ditampung pada wadah berbentuk saringan.

Untuk tips mencuci sayuran dan buah, bisa dilakukan dengan aliran air yang kecil, gosok secara lembut lalu bilas dan tiriskan. Jangan menyemprotnya dengan air besar karena akan menghancurkan tekstur dari sayuran tersebut.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App