• 5 Juni 2020

Fakta Sayur Lodeh Cegah Covid-19

uploads/news/2020/04/fakta-sayur-lodeh-cegah-52586ec27fb7a0f.jpg
SHARE SOSMED

Di dalam masakan sayur lodeh terdapat kandungan serat yang tinggi di setiap jenis sayur-sayuran yang diolah dalam sayuran tersebut. Sehingga baik bagi tubuh.

JAKARTA - Sayur lodeh tujuh warna kini tengah marak diperbincangkan di media sosial. Viralnya sayuran ini bermula dengan pesan broadcast yang berisi anjuran Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk membuat sayur lodeh tujuh warna untuk menangkal wabah virus corona atau Covid-19. Semenjak kasus COVID-19 kian meningkat, banyak beredar berita-berita miring yang meresahkan warga.

Menurut pakar, memang sayur lodeh memiliki banyak kandungan serat bagi tubuh. Sayur lodeh sendiri merupakan makanan khas berkuah santan yang berasal dari Jawa Tengah. Masakan rumahan ini merupakan makanan lauk pauk yang bergizi tinggi.

Baca juga: Benarkah Bawang Putih Mencegah Covid-19?

Macam-macam sayuran yang diolah dalam masakan ini berupa kluwih, kacang panjang, waluh atau labu, daun melinjo, terong, kulit melinjo, dan tempe. Dari semua jenis sayuran tersebut memiliki nilai gizi baik bagi kesehatan tubuh. Kacang panjang sendiri terdapat kandungan nutrisi yang memberikan efek positif bagi penikmatnya.

Kandungan lain yang terdapat dalam kacang panjang yakni sebagai anti-oksidan jenis flavonoid. Akademisi sekaligus ahli gizi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Fasty Arum Utami menjelaskan, konsumsi sayur lodeh merupakan komposisi memakan makanan sehat dan seimbang memang baik, karena dapat menambah asupan gizi bagi tubuh.

“Pola makanan di Indonesia kurang asupan serat, sedangkan kalau masyarakat mengkonsumsi lodeh itu banyak sisi positifnya menurut saya, karena mereka akan lebih banyak mendapat asupan serat dari berbagai sayuran yang ada di lodeh,” katanya seperti melansir Tempo.co, belum lama ini.

Terdapat kandungan kluwih atau labu pada sayur lodeh yang kaya akan karbohidrat kompleks, saat mengkonsumsinya dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga menyebabkan proses pencernaan dalam tubuh lebih panjang dibanding karbohidrat sederhana.

Baca juga: Tanaman Kina Mampu Menangkal Covid-19?

Masyarakat Jawa Tengah mempercayai jenis sayur lodeh tujuh warna memiliki makna dan harapan tersendiri. Pasalnya masyarakat jawa melakukan tradisi tersebut untuk menangkal wabah. Namun, setelah ditelusuri tradisi tersebut memang benar adanya, hanya saja membuat sayur lodeh tujuh warna bukan anjuran dari Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk menangkal virus corona yang sedang mewabah ini.

Mengutip dari Detik.com, pernyataan tersebut telah terkonfirmasi oleh Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ditya Nanayo Aji. Meski demikian, sayur lodeh ini juga mempunyai manfaat untuk memperbaiki daya imun di dalam tubuh loh. Yuk mulai konsumsi sayur lodeh dari sekarang!

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App