• 12 Juli 2020

Benarkah Bawang Putih Mencegah Covid-19?

uploads/news/2020/04/benarkah-bawang-putih-mencegah-813206ad69b78a1.jpg
SHARE SOSMED

“Bahwa mungkin bawang putih punya manfaat kesehatan, iya. Tapi tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih bisa membunuh virus corona,

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 kini telah menyebar dan menjangkit hampir ratusan ribu orang di puluhan negara. Namun, hingga saat ini belum juga ditemukan obat yang mampu menyembuhkan penyakit Covid-19 ini.

Banyak masyarakat yang mencari cara untuk pencegahan, penularan hingga penyembuhan dari virus yang satu ini. Bahkan, banya beredar mitos di masyarakat seputar berbagai tanaman penangkal virus. Tidak sedikit mitos yang beredar merupakan hoaks yang berkembang sejak munculnya Covid-19 di masyarakat.

Banyak mitos yang beredar melalui teknologi, dengan begitu masyarakat bisa mengakses dan mendapatkan informasi tersebut dengan cepat dan mudah tanpa diketahui kejelasannya. Salah satunya, beredar informasi di media sosial berupa tata cara mengolah bawang putih yang diduga dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus corona.

Bawang putih memang memiliki kandungan senyawa anti-bakteri, anti-virus, dan anti-oksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Rutin mengkonsumsi beberapa suing bawang putih per hari juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak darah dalam tubuh.

Namun hingga kini, belum ada bukti bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mencegah atau menyembuhkan virus corona. Ahli vaksin dari OMNI Hospital Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, berkomentar tentang informasi bawang putih mampu menyembuhkan Covid-19 bisa dipastikan tidak benar alias hoax. Menurutnya hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang teruji bisa menghalau virus.

“Bahwa mungkin bawang putih punya manfaat kesehatan, iya. Tapi tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih bisa membunuh virus corona,” ujar dr Dirga seperti melansir Detik.com

Seperti dilansir Kumparan.com, dalam situs resmi Badan Kesehatan Dunia atau Word Health Organization (WHO) menegaskan, bawang putih memang memiliki sifat anti-mikroba. Namun, belum ada bukti secara ilmiah, dengan mengkonsumsi bawang putih dapat melindungi diri dari Covid-19. Pencegahan Covid-19 yang paling efektif yaitu dengan mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan menjaga daya tahan tubuh.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App