• 5 Juni 2020

Tangkal Covid-19 dengan Ubi Ungu

uploads/news/2020/03/tangkal-covid-19-dengan-ubi-88596b953fb8195.jpg
SHARE SOSMED

Ubi ungu sangat bagus dikonsumsi karena mengandung antosianin pemecah senyawa beracun yang dapat menambah kekebalan dan kebugaran tubuh.”

JAKARTA - Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Kementerian Pertanian (Kementan), Yuliantoto Baliadi, mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ubi ungu untuk meningkatkan imunitas dalam mencegah virus korona atau Covid-19.

Hal ini dikarenakan ubi ungu memiliki rasa yang lezat dan memiliki kandungan vitamin, mineral, antosionan, dan juga anti-oksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ubi ungu juga diketahui memiliki zat gizi makro seperti karbohidrat kompleks dan protein. Ubi ungu ini juga kaya vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9 (Folat), E, dan K.

Baca juga: Kulit Jeruk dapat Melawan Covid-19

Menurut Yulianto, ubi ungu sangat bagus dikonsumsi karena mengandung antosianin pemecah senyawa beracun yang dapat menambah kekebalan dan kebugaran tubuh.

“Kunci utama dalam memberikan perlindungan daya tahan tubuh terhadap virus adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin. Salah satunya lewat ubi ungu,” ujar Yulianto melansir Antaranews.com, belum lama ini.

Selain sebagai pemecah senyawa beracun, ubi ungu juga memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal penuaan dini, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, meredakan peradangan, menangkal pembekuan datah dan menyembuhkan asam urat.

Mengkonsumsi ubi ungu dengan cara yang benar dan rutin akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ubi ungu juga tidak hanya bisa dikonsumsi secara utuh melainkan juga bisa dinikmati dalam bentuk aneka jenis olahan. Melansir Popbela.com ubi ungu dapat diolah dalam berbagai masakan seperti egg roll dan bakpau.

Untuk membuat egg roll ubi ungi, Sahabat Tani dapat menyediakan berupa: dua ubi jalar ungu, 250 gram tepung terigu, 75 gram tepung tapioka, dua sendok makan ovalet, lima sendok makan susu bubuk, tujuh butir telur ayam (lima butir telur utuh dan butir kuning telurnya saja), 350 gram mentega, dan 250 gram gula pasir.
Cara membuatnya, pertama kupas ubi ungu hingga bersih dan cuci dengan air bersih. Lalu Siapkan panci kukus dan masukan ubi. Tunggu ubi hingga matang sempurna. Sambil menunggu ubi matang, siapkan mangkuk aduk. Masukkan gula, ovalet, dan telur ayam lalu kocok hingga mengembang. 

Lumatkan ubi ungu dan masukkan dalam adonan tadi. Tambahkan pula terigu, tepung tapioka, susu, dan vanili. Masukkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan lalu aduk hingga merata menggunakan mixer. Siapkan cetakan berbentuk kotak. Masukkan adonan ubi ungu kedalam cetakan. Ingat, jangan menuang adonan terlalu tebal atau terlalu tipis ya.

Panggang adonan dalam oven selama kurang lebih lima menit dengan api sedang. Keluarkan adonan dalam cetakan dan gulung adonan. Jika jumlahnya sudah cukup, tempatkan pada piring saji. Egg roll ubi ungu siap disantap!

Selain egg roll, Sahabat Tani juga dapat membuat bakpau ubi ungu. Hal pertama yang dilakukan yaitu menyiapkan bahan-bahannya berupa: 750 gram ubi ungu, tiga sendok makan gula pasir, 200 gram gula pasir (di wadah yang berbeda), tiga sendok makan susu kental manis, satu kilogram tepung terigu, 150 gram mentega, 20 gram ragi instan, 50 gram susu bubuk, 10 gram baking powder, dan 500 mililiter air.

Cara membuatnya, pertama kupas ubi ungu hingga bersih dan cuci dengan air bersih. Siapkan panci kukus dan masukan ubi. Tunggu ubi hingga tekturnya lembut. Lumatkan ubi ungu dalam wadah. Tambahkan tiga sendok gula pasir, serta tiga sendok susu kental manis.

Baca juga: Empon-Empon Favorit Jokowi Menangkal Covid-19

Aduk adonan hingga tercampur merata. Buat bola-bola ubi ungu sebanyak kurang lebih 30 buah. Setelah itu, buat adonan bakpaunya. Campurkan ragi instan, dua sendok tepung terigu, dua sendok makan gula pasir, dan 100 mililiter air hangat. Aduk dengan mixer dan diamkan dengan ditutup kain lembap. Tunggu sampai adonan berfermentasi dan mengembang. 

Jika sudah mengembang, ambil sedikit adonan sekitar 50 gram, pipihkan, dan isi dengan bola ubi ungu. Tutup, bulatkan, dan letakkan di atas daun pisang yang telah di potong-potong. Masukkan bakpau dalam panci kukus. Kukus bakpau sekitar 15 menit. Jika sudah matang, letakkan bakpau ubi ungu di piring saji. Bakpau ubi ungu yang lezat dan sehat siap disantap! 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App