• 7 Agustus 2020

Bisnis Kicauan Lovebird Kontes

uploads/news/2020/03/bisnis-kicauan-lovebird-kontes-22958cf00dd1156.jpg
SHARE SOSMED

Luthfi Abdussalam atau Upi berhasil menjual burung lovebird konslet miliknya dengan harga Rp60.000.000, bagaimana caranya?

TANGERANG - Semakin langka burung, maka semakin banyak pula peminatnya. Perumpamaan ini cocok untuk disematkan lovebird atau burung cinta. Jika salah satu pasangan ada yang mati maka burung tersebut baru dapat berpisah. Seperti namanya, lovebird merupakan burung yang cantik dan diminati oleh banyak orang.

Sebagai informasi, bahwa di dunia terdapat delapan jenis lovebird diantaranya Black-Masked Lovebird, Fischer’s Lovebird, Lilian’s Lovebird, Black-cheeked Lovebird, Peach Faced Lovebird, Black-winged Lovebird, Red Faced Lovebird, Grey-headed Lovebird, dan Black-collarded Lovebird.

Baca juga: Merawat Love Bird untuk Kontes

Saat pertama melihatnya, bulu-bulu yang halus dan warna yang indah akan membuat banyak orang akan jatuh cinta padanya. Dengan warna yang unik dan langka tak jarang pula pembeli yang menawarkan harga fantastis untuk burung mungil ini. Burung dengan nama latin Agapornis ini merupakan jenis spesies yang berasal dari Afrika dan cocok untuk dikembangbiakkan di Indonesia.

Luthfi Abdussalam, mahasiswa lulusan Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat, yang tinggal di Gang Masjid XV, Kelurahan Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten, berhasil beternak lovebird. Pria yang sering disapa Upi ini telah lama membudidayakan burung yang cantik ini sejak 2013 lalu. Namunm kini ia sudah tidak melakukan ternak burung lagi dikarenakan burung yang ia miliki kian bertambah, sementara ia merawat semua burung-nya seorang diri.

Awal mula ia menekuni hobinya tersebut sejak 2012, dari situ ia mulai memelihara dan merawat lovebird. Karena bentuknya kecil dan warna yang dimiliki lovebird sangatlah menarik, membuat ia mulai tertarik untuk berternak burung kicau tersebut. Butuh waktu cukup lama bagi Upi dalam memulai budidaya burung tersebut dan ia tidak langsung berhasil dalam sekali coba.

“Dulu beli pas sudah dewasa, jadi kalau dihitung dari anakan dia mulai bisa diternak, sekitar umur delapan bulanan sudah siap diternak,” ungkap Upi belum lama ini.

Dengan bermodalkan dua pasang burung lovebird jenis dewasa seharga seharga Rp1.600.000. Upi akhirnya dapat membudidayakannya dengan caranya sendiri. Lovebird milikny diberi pakan dengan milet putih seperti biji-bijian kenari seed, jewawut, dan gabah. Selain itu, spesies ini juga memerlukan ekstra fooding seperti kangkung yang telah dicincang dengan halus, jagung, dan sebagainya untuk kekuatannya dalam berkicau.

Ya, Upi memang suka mengikuti lomba burung berkicau. Ini karena sejak kecil ia sudah sering melihat perlombaan burung berkicau. Karena mulai tertarik, ia pun membeli beberapa burung dan memeliharanya hingga beranak pinak. Untuk mengikuti lomba burung, ia lebih memilih mengandalkan burung hasil peliharaannya sendiri, karena menurutnya peluang kemenangannya lebih besar.

Walau begitu, untuk menggapai kemenangan sangatlah sulit baginya selama beberapa tahun. Hingga akhirnya ia pun berhasil menjadi juara dengan burung kacer miliknya. Seiring berjalannya waktu, lovebird mulai naik daun. Ia pun mencoba memelihara lovebird, meski butuh waktu yang cukup lama untuk memeliharanya agar lovebird miliknya kuat berkicau saat dilombakan.

Setiap harinya, ia dapat mengikuti perlombaan sekitar tiga sampai empat kali. Dalam sekali perlombaan, ia membawa kurang lebih tiga burung yang dapat dilombakan secara bersamaan. Hadiah yang didapatkan dari hasil lomba burung per harinya pun tergolong lumayan. Ia mendapatkan sekitar Rp150.000 yang kemudian dibagi dengan tim yang membantunya.

Sekitar 2-3 tahun belakangan, ia selalu mencoba mengikuti perlombaan burung dengan menggunakan lovebird miliknya. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, setelah dua tahun berlalu akhirnya lovebird miliknya selalu medapatkan juara dari hari ke hari sampai saat ini.

Baca juga: Murai Batu, Si Burung Petarung

Lovebird hasil peliharaannya tersebut pun berhasil mencuri perhatian orang. Bahkan, ia pun berhasil menjual burung lovebird konslet miliknya dengan harga Rp60.000.000. Selain itu, Upi juga memiliki lovebird yang kicauannya dapat bertahan lama hingga satu setengah menit dan belum lama ini ia jual senilai Rp30.000.000.

“Itu sih menurut saya paling menarik. Menariknya ngekeknya lumayan panjang” tutur Luthfi.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App