• 25 April 2024

Merawat Love Bird untuk Kontes

uploads/news/2020/03/merawat-love-bird-untuk-3269542f4faca3e.JPG

“Merawat burung love bird memang tidaklah sulit, tetapi untuk merawat burung love bird agar menjuarai perlombaan bukan perkara yang mudah.”

TANGERANG - Love bird alias burung cinta merupakan salah satu burung dari sembilan jenis spesies gens Agapornis. Love bird memiliki ukuran yang kecil, antara 13 sampai 17 sentimeter, berekor pendek dan berparuh besar. Love bird juga merupakan salah satu burung sosial.

Saat di alam bebas, biasanya burung ini hidup secara berkelompok. Love bird memiliki bentuk dan warna bulu yang cantik dan sangat bervariasi. Love bird pun kini menjadi salah satu favorit bagi para pecinta burung, salah satunya Upi yang merupakan pecinta love bird.

Baca juga: Merawat Burung Jalak Hitam

Kini Upi memiliki puluhan ekor burung untuk dikoleksi dan diikutsertakan perlombaan. Love bird miliknya sering diikuti lomba ngekek (mengoceh), jika suaranya merdu dan berdurasi panjang akan menjadi juara dan mendapatkan hadiah.

“Kalau lomba biasanya sehari bisa 4-6 kali main, jadi bisa bawa 4-5 piala” ungkapnya kepada JagadTani.id saat ditemui di rumahnya di Kelurahan Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten, belum lama ini.

Menurutnya, merawat burung yang satu ini tidaklah sulit, yaitu dengan memberi makan secara rutin pada saat pagi dan sore. Selain itu, mandikan burung sehari dua kali dengan menggunakan sprayer dengan cara di semprotkan dari luar kandang.

Baca juga: Agar Burung Cucak Ijo Gacor

“Makanan love bird biasanya diberi milet (biji-bijian) terus jewawut, gabah. Paling ekstra makanannya ya kangkung, jagung, terus juga timun. Cuma kalau timun itu buat menurunkan birahi dia jika mau lomba,” ujarnya.

Walau merawat burung love bird tidak sulit, tetapi untuk merawat love bird untuk menjuarai perlombaan bukan perkara yang mudah. Ini karena sangat dibutuhkan ketelatenan dan konsistensi untuk merawat burung yang satu ini.

Related News