• 9 Agustus 2020

Agar Burung Cucak Ijo Gacor

uploads/news/2020/03/agar-burung-cucak-ijo-49302563d531434.jpeg
SHARE SOSMED

Pertama-tama kalau pelihara cucak ijo lihat dahulu kelaminnya, jantan atau betina, karena kalau jantan pasti suaranya lebih nyaring dan bagus.”

TANGERANG SELATAN - Cucak ijo merupakan burung yang tidak bisa di pandang remeh untuk sekarang ini. Burung yang memang memiliki dominan warna hijau muda ini atau warna hijau daun ini memang menjadi salah satu burung yang selalu ramai pesertanya di arena kicauan. Burung ini merupakan sebuah burung yang sangat populer diantara beberapa jenis burung kicauan yang sering dicari para pecinta burung.

Pasalnya, selain memiliki suara kicau yang menjanjikan, burung hijau satu ini juga memiliki bentuk fisik atau perawakan yang sangat bagus dan gagah. Kemampuan dari cucak ijo ini sendiri bisa di lihat berdasarkan dari keanekaragaman variasi suara yang mereka miliki. Walaupun perkara perawatan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pola cara merawat lovebird, namun diperlukan sedikit kesabaran dan ketelitian tentunya.

Baca juga: Warna-Warni Bisnis Lovebird

Karena para pemilik burung cucak ijo yang selalu meraih gelar juara sebenarnya juga memakai pola perawatan yang sama dan pola perawatan umumnya. Misalnya saja dengan selalu rutin memandikannya, melakukan prosesi penjemuran, menjaga sanitasi atau kebersihan dari kandang burung cucak ijo dan juga rutin dalam pemberian pakan harian.

Seperti Agus contohnya, pria 51 tahun ini memelihara cucak ijo yang diberi nama Batik sejak dua tahun yang lalu. Meski baru dua tahun, Batik sudah mengikuti kontes kurang lebih enam kali. Agus pun membagikan tips kepada sahabat tani bagaimana cara merawat cucak ijo agar suaranya gacor dan jinak.

“Pertama-tama kalau pelihara cucak ijo lihat dahulu kelaminnya, jantan atau betina, karena kalau jantan pasti suaranya lebih nyaring dan bagus. Terus, jangan lupa kasih kandang yang besar biar dia leluasa. Jangan lupa diberi tempat makan dan minum, dimandikan sehari dua kali pagi dan sore, pas dimandikan dikeluarkan saja dari kandang, biar dia bebas sambil dikeringkan,” ujarnya saat ditemui JagadTani.id di rumahnya di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, belum lama ini.

Baca juga: Mengkilatnya Air Liur Burung Walet

Perawatan kandang saja tidak cukup, tetapi pakan juga harus dijaga agar burung selalu fit dan lincah. Ada banyak jenis pakan yang disajikan dan di olah untuk para burung kicauan seperti jenis cucak ijo. Cucak ijo juga sebenarnya memerlukan pemberian pakan yang bervariasi sama halnya dengan pemberian pakan pada burung peliharaan lainnya. Hingga kebutuhan nutrisi, mineral dan vitaminnya akan tercukupi. Pakan yang tergolong bagus dan efektif dalam pola perawatan dari cucak ijo adalah pakan yang juga di lengkapi berbagai jenis vitamin seperti vitamin D3, A, B1, B2, C, K3, dan E juga tentunya telah di lengkapi dengan nutrisi seperti protein dan karbohidtrat.

“Pilih voer yang udah ada kadar protein berjumlah sedang antara 12 hingga 18 persen, karena voer yang berharga lebih mahal belum tentu akan bagus dan cocok untuk kebutuhan cucak ijo“ tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App