• 9 Agustus 2020

Panen Timun Suri Menjelang Ramadhan

SHARE SOSMED

“Niatnya, sih tidak mau dijual, tapi tetangga pada mau juga ya sudah saya jual, nanti buka tempat di depan rumah.”

TANGERANG SELATAN - Sahabat Tani mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah ini cukup populer saat memasuki bulan ramadhan tiba. Selain segar menjadi bahan campuran minuman serta jus, ternyata timun suri mengandung beberapa manfaat baik bagi kesehatan.

Prospek peluang usaha budidaya timun suri terbilang cukup menjanjikan dengan tahapan cara menanam timun suri terbilang sederhana, dengan masa panen relatif singkat 3-3,5 bulan siap untuk dipanen. Timun suri merupakan jenis tanaman buah yang berkerabat dekat dengan jenis labu-labuan cukup populer di Indonesia.

Baca juga: Daun Pisang Cegah Lele Mati

Timun suri atau timun betik pada dasarnya lebih menyerupai serta lebih mendekati tanaman melon, semangka, dan blewah dibandingakan mentimun. Beberapa hasil riset yang dilakukan di Laboratorium Biologi Genetika UGM menyimpulkan bahwa timun suri memiliki kromoson inti selnya 2n =24 sementara mentimun 2n=14.

Timun Suri memiliki bentuk daun seperti melon, sedangkan mentimun meruncing dan bijinya juga demikian lebih pendek seperti melon. Dedi, Salah satu warga di Jalan Sarmah, Kelurahan Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan memilih untuk menanam timun suri sendiri di halaman rumahnya.

Walau belum panen, menurut Dedi, tadinya timun suri miliknya hanya untuk dikonsumsi sendiri bersama keluarga. Namun, karena permintaan pelanggan yang banyak akhirnya membuat dedi memutuskan untuk menjualnya di depan rumah.

“Iya ini saya tanam buat persiapan nanti puasa, memang saya dan keluarga suka banget sama timun suri. Biasanya, kalau sama istri saya di jus, segar. Niatnya, sih tidak mau dijual, tapi tetangga pada mau juga ya sudah saya jual, nanti buka tempat di depan rumah,” ujar pria yang memiliki dua anak tersebut.

Baca juga: Seluk Beluk Usaha Pembibitan Lele

Selain menjadi bahan campuran minuman segar serta aneka jus nan nikmat, ternyata timun suri mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Ia memiliki beberapa vitamin A dan C serta mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Timun suri juga berkhasiat sebagai anti-oksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh, memperlancar pencernaan, menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula, mencegah kanker. Selain itu juga mampu menurunkan kolesterol, serta mencegah terjadinya penyakit jantung.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App