• 28 March 2024

Daun Pisang Cegah Lele Mati

uploads/news/2020/03/daun-pisang-cegah-lele-876578ed98dc1b3.jpeg

Iya diberi daun pisang kalau lagi panas begini biar adem, nanti dia pada berkumpul di bawahnya.”

TANGERANG SELATAN - Memiliki usaha ternak ikan khususnya lele tentulah tidak mudah, karena lele merupakan ikan yang tidak bisa bertahan di segala cuaca. Ketika musim hujan turun, air kolam akan bening karena menguap, lalu ketika panas datang air kolam akan mengalami perubahan suhu yang drastis yang akan membuat lele sakit seperti jamuran dan cacar.

Untuk menghindari hal tersebut, Murtaha, peternak lele asal Kelurahan Perigi Lama, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten ini, memanfaatkan daun pisang untuk membuat suhu air tetap stabil dan meminimalisir lele yang mati.

“Iya diberi daun pisang kalau lagi panas begini biar adem, nanti dia pada berkumpul di bawahnya,” ujarnya kepada JagadTani.id belum lama ini.

Baca juga: Seluk Beluk Usaha Pembibitan Lele

Menghadapi musim ekstrem, di mana pada malam hari suhu udara menjadi dingin sekali dan siang menjadi panas sekali, menyebabkan banyaknya ikan lele yang mengalami penyakit dan kematian mendadak. Kondisi ini disebabkan karena suhu dingin yang memudahkan penyakit seperti virus dan jamur mudah berkembang dan menyerang ikan lele.

“Penyakitnya banyak juga kalau perubahan suhu, bisa penyakit mulut putih, belang putih, yang biasanya dari virus,” tambah pria berusia 47 tahun tersebut.

Baca juga: Beternak Lele dengan Sistem Bioflok

Penambahan perlakuan garam dan pergantian air, sering kali tidak memberikan hasil yang baik dan justru akan memperbanyak ikan yang mati. Hal ini terjadi karena suhu air tetap dingin sehingga tidak akan banyak berpengaruh untuk ikan lele, maka dari itu murtaha memilih daun pisang untuk tetap membiarkan lele berteduh ketika terik matahari menghampiri.

Related News