• 27 September 2020

Isi Waktu Berkebun selama #DiRumahAja

uploads/news/2020/03/isi-waktu-berkebun-selama-50868d60eb95e42.jpg
SHARE SOSMED

“Tukang kebun dan penjaga toko bunga merupakan dua pekerjaan paling bahagia di dunia.”

JAKARTA - Kabar baik bagi sahabat tani yang senang berkebun dan bagi sahabat tani yang belum pernah berkebun, bisa coba aktivitas ini di rumah. Apa lagi, di tengah penyebaran virus corona atau COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan sosial distancing atau tetap berada di rumah.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerumunan yang memungkinkan terjadinya kontak terhadap orang banyak. Tak sedikit masyarakat yang menyebutkan hastag #DiRumahAja sebagai bentuk dukungan dari antisipasi penyebaran Covid-19. Mengisolasi diri di rumah selama berhari-hari tentu akan menimbulkan rasa jenuh.

Baca juga: Bawang Putih sebagai Anti-Virus

Namun, Sahabat Tani bisa mencoba beberapa hal yang menyenangkan selama masa sosial distancing dan tidak hanya duduk di sofa sepanjang hari saja, salah satunya  dengan mencoba aktivitas berkebun. Yang perlu Sahabat Tani ketahui, ternyata dengan melakukan aktivitas berkebun dapat membawa beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan kita.

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik pada kesehatan fisik, berkebun juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Di wilayah perkotaan, tentu sudah jarang sekali melihat sejumlah tanaman segar yang muncul. Melihat tanaman-tanaman rindang yang dapat menyejukkan pikiran dan mata kita. Lalu, apa salahnya mencoba untuk berkebun? Menciptakan lingkungan yang segar, di mulai dari kebun milik sendiri.

Menurut Profesor Paul Dola, seorang ilmuwan asal Inggris mengungkapkan, tukang kebun dan penjaga toko bunga merupakan dua pekerjaan paling bahagia di dunia. Kedua pekerjaan ini bahkan dapat memberikan kebahagiaan yang setara dengan orang berpenghasilan baik atau bekerja di tempat bergengsi.

Seperti melansir National Geographic, ia  menambahkan dalam bukunya yang berjudul “Happiness by Design”, hampir 9 dari 10 tukang kebun dan tukang bunga menyatakan mereka memang senang dengan aktivitas berkebun. Selain bisa membantu melepaskan stres, menghabiskan waktu di alam juga akan membuat kita merasakan kesegaran kembali.

Tak hanya itu, memiliki kebun sendiri pun merupakan suatu investasi tersendiri. Sahabat Tani bisa mencoba dengan menanam berbagai macam sayuran, buah-buahan, tanaman hias untuk mengisi kebun. Dengan begitu, sayuran dan tanaman hasil sendiri juga bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya.

Sehingga lebih aman untuk dikonsumsi dan hasil tanam yang kita buat sendiri pun lebih segar daripada jika kita membelinya di supermarket. Hal ini membuat kita menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Aktivitas berkebun juga bisa sekaligus menambah pengetahuan sahabat tani untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Yang terakhir, sahabat tani harus selalu  ingat untuk segera mencuci tangan dengan sabun setelah aktivitas berkebun selesai. Seperti melansir Kompas.com, Sahabat tani juga tak perlu khawatir, karena aktivitas berkebun pun mudah untuk dilakukan. Bagi sahabat tani yang ingin mencoba memiliki kebun sendiri, bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Pertama, Sahabat Tani perlu menyiapkan pot plastik untuk efisiensi produk inorganik. Selain itu, pot plastik ini membuat kita lebih mudah mengganti pot lama ke pot baru ketika cuaca berganti. Kemudian yang kedua, siapkan juga sumbatan yang biasa digunakan pada botol wine.

Sahabat Tani bisa coba menancapkan tanaman pada sumbatan tersebut untuk menyediakan kondisi yang lebih baik bagi tanaman ketika ia bertumbuh. Kemudian, sertakan juga tanaman pendamping agar tanaman dapat bertahan dalam kondisi yang terbaik selama pertumbuhannya.

Baca juga: Cegah Covid-19 dengan Madu Hijau

Jangan lupa, beri jarak pada setiap tanaman karena hal ini juga dapat mempengaruhi pertumbuhan setiap tanaman dengan memberikan tanaman jarak yang tepat. Terakhir, coba gunakan air bekas pakai untuk menyiram tanaman. Hal ini merupakan bentuk menghindari pemborosan air.

Keuntungan lainnya pun, dengan menyiram tanaman menggunakan air bekas akan membuat tanaman lebih segar. Lalu, Sahabat Tani juga bisa sertakan bahan karton untuk berkebun. Karton ini digunakan untuk melapisi lapisan tebal jerami untuk menciptakan lahan tanam sendiri. Selamat berkebun ya, Sahabat Tani. 

 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App