• 5 April 2020

Si Ganas, Kura-Kura Penggigit

uploads/news/2020/03/si-ganas-kura-kura-penggigit-74268b9bad8fed6.jpeg
SHARE SOSMED

Biasanya Penduduk lokal di habitatnya sangat terganggu oleh spesies invasif ini, karena sering memakan ikan kecil yang dipelihara masyarakat.”

TANGERANG SELATAN - Sahabat Tani sudah pernah mendengar common snappin turtle (CST) atau kura-kura penggigit? Ya, kura-kura ini sudah hidup sejak zaman dinosaurus dan juga termasuk purba. CST merupakan kura-kura air tawar yang bisa dibilang sangat eksotis karena bentuk tubuhnya. Itulah alasan banyak pecinta binatang yang memilih kura-kura ini sebagai hewan peliharaan. Selain bentuknya yang eksotis, kura-kura ini juga memiliki sifat agresif. Ini akan terlihat ketika kura-kura ini lapar, sedikit saja jari kita mendekat, CST akan segera mengejar dengan cepatnya.

  Walaupun bentuk fisik dari CST lebih mirip kura-kura pada umumnya, namun sebenarnya mudah dikenali. Mulai dari kerapas atau tempurung, kerapasnya berwarna coklat gelap dan hitam. Kemudian kaki-kaki dari CST yang hampir mendekati lehernya. Di kaki-kaki dekat lehernya seperti ada kulit yang terlipat-lipat dan bisa memanjang ketika CST berjalan atau ingin meraih sesuatu. Kemudian bentuk fisik CST lainnya adalah ekornya yang bergerigi

“Panjang kura-kura Alligator bisa mencapai 50 sentimeter dengan berat hingga 16 kilogram. Bentuk fisik kura-kura common snapping juga lumayan kelihatan sudah langka, sama seperti temannya, alligator snapping turtle,” Ujar Titin, pengurus hewan di Bintaro Farm Center (BFC) di Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Baca juga: Berkenalan dengan Si Sangar, Iguana

Selain itu, CST juga termasuk hewan yang sangat rakus. Titin mengatakan, kura-kura ini dapat melahap mulai dari ikan kecil, ikan besar, amfibi, invertebrata, krustasea, mamalia, vegetasi air, sampai bangkai.

“Biasanya Penduduk lokal di habitatnya sangat terganggu oleh spesies invasif ini, karena sering memakan ikan kecil yang dipelihara masyarakat. Beda sama temannya, alligator snapping turtle, yang makan menggunakan lidah kayak cacing. Dia diam-diam menghanyutkan kalau kita cemplungkan ikan atau makanan lain, dia pasti langsung mengejar cepat,” tambahnya.

Baca juga: Ganasnya Ikan Aligator, Bolehkah Dipelihara?

 

Jika Sahabat Tani ingin memelihara kura-kura ini, untuk urusan pakan sangat mudah. Sebagai hewan yang termasuk omnivora, CST akan lahap terhadap segala jenis makanan seperti ikan kecil, udang, cacing beku, ulat, daging, butiran, bahkan sayur-sayuran. Namun, untuk memberi pakannya Sahabat Tani disarankan harus tetap berhati-hati dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kolam atau akuarium.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App