• 8 Juli 2020

Berkenalan dengan Si Sangar, Iguana

uploads/news/2020/02/berkenalan-dengan-si-sangar--84042e75082e91b.JPG
SHARE SOSMED

Supaya anak-anak juga bisa belajar tentang iguana. Jadi, tidak hanya anjing, kucing, kelinci saja, tapi hewan yang terlihat ganas seperti iguana ini pun juga bisa dilihat dan dipelajari.”

TANGERANG SELATAN - Berawal dari hobi memelihara iguana, Cuncun Setiawan pemiliki BFC Mini Farm mengakui reptil unik tersebut bisa menghasilkan untung baginya. Ditambah dengan hadirnya berbagai macam jenis hewan-hewan ada di Bintaro Farm Center (BFC) Mini Farm, termasuk iguana.  Ia pun lebih memilih menyimpan iguana sebagai calon induk, yang nantinya jika semakin besar iguana, harganya juga bisa dijual lebih mahal. Namun, untuk saat ini iguana yang ia pelihara hanya sebagai edukasi bagi anak-anak yang berkunjung ke BFC Mini Farm.

“Supaya anak-anak juga bisa belajar tentang iguana. Jadi, tidak hanya anjing, kucing, kelinci saja, tapi hewan yang terlihat ganas seperti iguana ini pun juga bisa dilihat dan dipelajari,” ucap Cuncun saat ditemui oleh tim JagadTani.Id di BFC Mini Farm yang ada di Jalan Baitis Salmah, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, belum lama ini.

Baca juga: Memahami Moulting Lobster Air Tawar

 

Iguana memang terlihat sangar dan menakutkan, apa lagi untuk anak-anak, meski begitu ia memiliki makanan favorit berupa sayuran. Iguana juga hanya mengkonsumsi beberapa ikat kangkung pada pagi dan sore hari. Cuncun menambahkan, sebagian besar iguana itu mengkonsumsi sayuran, namun ada juga yang memakan serangga. Cuncun mengaku tertarik membesarkan iguana, karena menurutnya perawatan hewan reptil ini tidak sulit. Menurutnya, yang perlu diperhatikan dalam merawat iguana yaitu memastikan kandang tempat tinggalnya selalu bersih dan memberikan makanan dengan tepat waktu. Selain itu, penyediaan air minum harus tersedia dan penempatan kandang pun selalu cukup mendapatkan sinar matahari yang baik dan tidak lupa untuk membersihkan kandangnya setiap hari.

“Iguana pun juga perawatannya mudah, jadi tidak repot kalau dipelihara,” ungkapnya.

Baca juga: Ganasnya Ikan Aligator, Bolehkah Dipelihara?

 

Cuncun menjelaskan, dalam memelihara iguana juga harus mengetahui karakteristik reptil berjambul di bawah rahang tersebut, serta memahami detail penangkaran seperti perkawinan, penanganan telur, dan penetasan. Menurutnya, peluang memasarkan reptil ini di Indonesia cukup pas. Ia meyakini, pecinta hewan reptil ini cukup banyak di Indonesia, bahkan komunitas pecinta iguana pun juga tetap ada sampai saat ini.

“Di Indonesia masih ada komunitasnya, jadi pembeli iguana masih terus ada. Yang sekedar tertarik untuk melihat iguana pun juga masih banyak,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App