• 9 Agustus 2020

Sidolpin, Aplikasi untuk Nelayan Bateng

uploads/news/2020/02/sidolpin-aplikasi-untuk-nelayan-993135659aa46a5.jpg
SHARE SOSMED

Aplikasi ini yang sudah diterapkan sejak 2018 lalu, untuk memudahkan para nelayan dalam menuju titik potensial tangkapan ikan.“

BANGKA TENGAH - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan inovasi yaitu “sistem informasi daerah potensial penangkapan ikan” (Sidolpin), yang merupakan aplikasi berbasis android dan saat ini sudah digunakan oleh nelayan Kabupaten Bangka Tengah. Menurut Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, aplikasi Sidolpin merupakan teknologi berbasis android yang diciptakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, sebagai upaya pemerintah daerah dalam menyejahterakan serta meningkatkan perekonomian nelayan.

"Aplikasi ini yang sudah diterapkan sejak 2018 lalu, untuk memudahkan para nelayan dalam menuju titik potensial tangkapan ikan. Saat ini kelompok nelayan sudah menggunakan Sidolpin. Dengan menggunakan aplikasi ini produksi ikan para nelayan sudah meningkat. Karena selama ini sebelum ada aplikasi Sidolpin banyak nelayan hanya meraba-raba dalam menentukan titik tangkap, sehingga hasilnya tidak memuaskan dan tentu dengan Sidolpin mampu meningkatkan produksi ikan," ujarnya, Senin (10/2) kemarin.

Baca juga: Bateng Galakkan Potensi Pohon Gaharu

Dirinya juga berharap dengan aplikasi Sidolpin, nelayan yang ada di Bangka Tengah kesejahteraannya terus meningkat. Karena, lanjutnya, nelayan menurutnya merupakan “pahlawan protein”, yang patut dihargai. Tanpa ada nelayan, menurutnya, masyarakat Indonesia tidak bisa makan ikan.

"Nelayan ini pahlawan protein yang benar-benar harus kita hargai perjuangannya, tanpa mereka kita tidak bisa makan ikan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini perekonomian dan kesejahteraan nelayan terus meningkat,"pungkasnya.

Baca juga: Bateng Bertumpu pada Pupuk Organik

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App