• 29 March 2024

Kenali Ciri-Ciri Landak Mini Hamil

“Biasanya ciri-ciri dia mau beranak itu lebih menyendiri, lalu memojokkan diri disudut kandang gitu, seperti bersembunyi”

Sahabat Tani suka landak mini? jika Sahabat Tani memelihara hewan berduri yang satu ini, penting untuk mengetahui semua hal yang berkaitan dengannya, termasuk salah satunya ciri-ciri landak mini yang sedang hamil. Memang terkadang sulit untuk mengetahui apakah landak itu hamil atau tidak. Namun, Sahabat Tani bisa memperhatikannya dari kondisi fisik dan tingkah laku si landak.

Landak mini berkembang biak dengan cara melahirkan. Biasanya proses kehamilan pada landak mini ini terjadi pada landak mini dewasa yang umurnya sudah mencapai lebih dari 6 bulan. Agar kesehatan induk dan anaknya senantiasa terjaga baik, Sahabat Tani perlu memberikan perhatian yang khusus. Kun, salah satu peternak landak mini di Serpong menjelaskan beberapa ciri-ciri landak mini yang sedang hamil.

“Biasanya ciri-ciri dia mau beranak itu lebih menyendiri, lalu memojokkan diri disudut kandang gitu, seperti bersembunyi,” kata Kun, saat ditemui jagadtani.id di Raden Farm yang berlokasi di jalan raya Serpong No.km 88, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Baca juga: Gemasnya Memelihara Landak Mini

Lebih lanjut, Kun juga mengatakan, “ciri lainnya yang terlihat, saat awal-awal akan terlihat kalau betinanya seperti menjauh dari si jantan. Lalu tidurnya juga agak glosor gitu. Dan nantinya kalau memang sudah terlihat tanda-tanda hamil seperti itu, segera pisahkan dengan jantannya. Jangan disatukan,” ungkapnya.

Selain itu, Sahabat Tani juga bisa lihat dari perbedaan fisiknya. Misalnya seperti memperhatikan bagian perut landak mini. Jika biasanya perut landak mini yang normal akan terasa agak kendor saat diraba, namun ketika landak mini tersebut sedang hamil, maka perutnya akan terasa kencang karena lebih mengembang atau membesar. Tanda ini akan semakin terlihat jelas saat masa kehamilannya telah mencapai usia 2 minggu. Landak mini betina akan terlihat lebih gendut dan membulat disertai dengan ciri-ciri tingkah lakunya yang lebih banyak bersembunyi.

Baca juga: Intip Perawatan Mudah Musang Akar

Tak hanya itu, Kun juga menambahkan, sebaiknya landak mini betina perlu dipisahkan dari jantan, “alasannya karena landak mini ini sebetulnya tiap jam masa kawinnya, maka dari itu kalau sudah mengetahui kalau betinanya hamil, segera pisahkan,” tegasnya.

Sama seperti mamalia lainnya, landak mini yang sedang hamil akan meningkat nafsu makannya. Saat hamil, nafsu makan betina akan mengalami peningkatkan sebanyak 2-3 kali lipat dari biasanya. Meski demikian, Sahabat Tani perlu menjaga bobot makannya agar tidak mengalami overdosis. Jika overdosis, akan membahayakan kesehatannya. Berikan pakan yang mengandung protein tinggi untuk perkembangan masa kehamilannya.

Baca juga: Trik Bisnis Cerdas ala BFC

Lalu, ciri landak mini yang sedang hamil bisa terlihat dari bau dan bentuk kotoran landak mini. Baunya akan lebih menyengat dan ukuran kotorannya akan sedikit lebih besar dari ukuran normalnya.

“Saat hamil nafsu makannya tinggi. Biasanya dia suka sekali makan jangkrik dan ulat hongkong. Jenis landak mini yang saya punya ini awalnya dari impor lalu di breed dengan lokal jadi jenis blasteran,” tutupnya.

Baca juga: Ketahui Penyakit Rentan pada Kucing

Related News