• 28 September 2021

Trik Bisnis Cerdas Ala BFC

uploads/news/2021/05/bisnis-cerdas-ala-bfc-85392563d4f3012.jpg
SHARE SOSMED

Saya melihat ada satu peluang, mulai orang membudidayakan lobster air tawar. Ini hal yang menarik, karena harga ekonomisnya tinggi tetapi bisa dibudidayakan di air tawar"

Tangerang – Budidaya hewan ternak tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para peternak. Dari budidaya tersebut akan membuahkan hasil bisnis yang sangat menguntungkan. Seperti budidaya ikan lele, lobster air tawar, hamster, sugar glider, dan sebagainya.

Di Indonesia, hampir seluruh petani di beberapa wilayah menerapkan sistem budidaya. Karena selain menguntungkan, hasil yang didapat banyak dan bisa dijadikan bisnis.

Baca Juga: Ikan Giru Yang Terancam Punah

Seperti Cuncun Setiawan, pemilik BFC Mini Farm yang salah satunya membudidayakan lobster air tawar. “Saya melihat ada satu peluang, mulai orang membudidayakan lobster air tawar. Ini hal yang menarik, karena harga ekonomisnya tinggi tetapi bisa dibudidayakan di air tawar,” tutur Cuncun kepada Jagadtani.id, saat ditemui di mini Farm nya yang berlokasi di Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Pria yang berprofesi sebagai penulis ini menambahkan bahwa “awalnya membudidayakn lobster air tawar, setelah saya budidayakan ada yang tertarik, kemudian mereka mau belajar bagaimana budidaya lobster air tawar ini akhirnya saya membuka pelatihan,” terangnya.

Baca Juga: Kera dan Monyet itu Berbeda

Selain berfokus membudidayakan lobster air tawar, Cuncun juga mulai memelihara kura-kura, kelinci, dan binatang-binatang peliharaan lainnya. Baginya, Hal ini menjadi lebih menarik perhatian bagi anak-anak daripada sekolah.

Jadi sekolah-sekolah tertarik untuk mengadakan kunjungan, disesuaikan dengan harga Rp.50 ribu, dan kemudian lama-kelamaan dari satu sekolah merambat ke sekolah lainnya sehingga kita kembangkan wisata edukasi,” jelasnya.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kutu pada Peliharaan

Pria lulusan Universitas Tarumanegara ini menegaskan bahwa di BFC Mini Farm miliknya tidak hanya sekadar budidaya lobster tetapi ada juga berbagai jenis hewan lainnya. “Jadi tidak hanya sekadar budidaya lobster, budidaya landak mini, budidaya kelinci, hamster dan lainnya. Tetapi juga kita kembangkan peternakan ini menjadi sebuah wisata.

Baca Juga: Melipatgandakan Keuntungan Petani melalui Minapadi

Disini kan banyak berbagai jenis binatang, dan karyawannya sekitar 4 orang dengan mengurusi ribuan hewan yang ada. Jadi disini kitaa pelihara binatang yang perawatannya tidak harus intensif, kita piara binatang yang cukup andal, istilahnya kalau ditaruh bisa langsung kawin sendiri, beranak sendiri, hidupnya simple lah karena pakannya aja berbeda,” tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App