• 19 September 2021

Kera dan Monyet itu Berbeda

uploads/news/2021/05/kera-dan-monyet-itu-54671db5a1dce7e.jpg
SHARE SOSMED

"Sederhananya hewan ini memiliki perbedaan yang terletak pada ekornya"

JAKARTA - Siapa sih sahabat tani yang tidak kenal dengan hewan satu ini, hewan yang gemar menggelantungkan dirinya di pohon dan suka dengan buah-buahan. Keberadaan satwa ini hampir tersebar di sebagian besar wilayah di Dunia. Banyak yang menyebut kera dengan sebutan monyet dan sebaliknya.

Apakah monyet dan kera adalah hewan yang sama? Lalu yang mana kera dan yang mana pula yang disebut monyet? Lantas, apa apa saja perbedaan antara kedua hewan ini?

Baca Juga: Penyelamatan Primata yang Dianiaya Youtuber

Monyet dan kera merupakan hewan mammalia (menyusui) dari Primata (Primates). Primata ini termasuk hewan lemur, tarsius, monyet, kera, dan manusia. Untuk tarsius dan lemur memang lebih gampang dibedakan, baik dari ukuran tubuh maupun bentuk fisiknya. Tapi, untuk kera dan monyet sering saling tertukar dalam penggunaan dan penyebutannya.

Sederhananya hewan ini memiliki perbedaan yang terletak pada ekornya. Monyet memiliki ekor yang terlihat lebih panjang, seperti lutung, kelasi, bekantan dan beruk. Tapi tidak demikian dengan kera, sebagian besar literatur dan fakta memperlihatkan hewan yang disebut Kera adalah yang tidak memiliki ekor.

Baca Juga: Mengintip Hewan-Hewan Termahal di Dunia

Di beberapa tempat seperti Kalimantan dan Sumatera (Indonesia) terdapat binatang yang disebut monyet dan di negara lain seperti di Afrika juga terdapat monyet. Keberadaannya hampir tersebar di sebagian besar wilayah Dunia. kebanyakan dari mereka menyebut monyet kera dan sebaliknya. Pada dasarnya sebagian besar literatur dan fakta menunjukkan bahwa hewan yang biasa disebut Kera ini merupakan hewan yang tidak berekor.

Di dunia, tercatat hanya empat kera besar yang tersisa atau masih hidup. Empat kera besar di dunia ditemukan di dua benua Afrika dan Asia. Kera besar tersebut adalah Gorila, Simpanse, Bonobo yang mendiami benua Afrika. Sedangkan kera besar lainnya adalah orangutan, yang banyak ditemukan di Asia, lebih banyak ditemukan di Indonesia (Pulau Sumatera dan Kalimantan).

Baca Juga: Tiga Satwa Liar Terancam Punah

Selain itu ada juga kera kecil seperti binatang bernama kelempiau atau owa. Kenapa disebut monyet? Pada dasarnya disebut monyet, karena hewan ini memiliki ekor yang panjang. Seperti lutung, pelaut, bekantan dan monyet.

Perbedaan antara kera dan monyet yang lebih spesifik lagi adalah monyet memiliki ukuran tubuh lebih kecil dai pada kera serta gerakannya lebih cepat dan gesit. monyet juga hidup berkelompok tidak seperti kera yang hidup sendiri.

Baca Juga: Dampak Memberi Makan Satwa Liar

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App