• 2 May 2024

Cara Tepat Membersihkan Kerang Hijau

“Kalau disini, semua kerang yang telah dipilih langsung diletakkan kedalam ember. Lalu direndam dengan air bersih. Nah kalau nantinya ingin dikonsumsi, sebaiknya rendam dengan air garam”

Sahabat Tani suka dengan kerang hijau? hewan seafood ini memang banyak sekali penggemarnya. Kerang hijau seringkali diolah menjadi masakan lezat lengkap dengan bumbunya yang menggugah selera.

Selain enak, kerang hijau juga kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Sebelum mengonsumsi hewan golongan Mollusca atau daging lunak ini, Sahabat Tani perlu memastikan bahwa dagingnya bersih dari endapan pasir yang seringkali menempel di tubuhnya, sehingga aman bila kita konsumsi.

Baca juga: Tips Budidaya Kerang Hijau

Saat tim Jagadtani.id mengunjungi kampung Kamal Muara, pagi hari pukul 09.00 WIB, ribuan nelayan kerang telah siap berada disisi dermaga pantai. Ribuan kerang hasil tangkapan para nelayan, diletakkan diatas terpal yang telah digelar. Kemudian puluhan warga penduduk lainnya telah siap untuk membantu membersihkan kerang-kerang tersebut. Nantinya, seluruh kerang akan dibawa oleh para tengkulak untuk dijual ke berbagai daerah seperti Depok, Bogor, Jakarta, bahkan hingga ke luar pulau Jawa.

Baca juga: Kisah Nelayan Selamatkan Ekonomi Keluarga

Nah, sebelum kerang diangkut, para tengkulak juga memastikan bahwa kerang hijau yang akan dibawa telah bersih dari kotoran pasir yang menempel. Wanti, salah satu penduduk di Kamal Muara yang setiap hari ikut membersihkan kerang hijau, menjelaskan mengenai proses pembersihkan ribuan kerang tersebut.

“Pertama-tama, setelah kerang di kumpulkan dari hasil tangkap, pilah kerang yang bagus. Kerang dengan cangkang yang pecah sebaiknya dipisah. Lalu, kerang-kerang ini kan banyak yang menempel, biasanya kami gunting untuk dipisahkan. Setelah itu kerang-kerang yang bagus dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan pasir-pasir yang menempel,” jelas Wanti, saat ditemui oleh Jagadtani.id di Kampung Muara Kamal, RT 04 RW 04, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca juga: Rahasia Agar Kerang Tetap Segar

Lebih lanjut, wanita asli Sulawesi itu mengatakan cara membersihkan kerang hijau yang tepat sebelum dikonsumsi. “Kalau disini, semua kerang yang telah dipilih langsung diletakkan kedalam ember. Lalu direndam dengan air bersih. Nah kalau nantinya ingin dikonsumsi, sebaiknya rendam dengan air garam,” ungkapnya.

Kata Wanti, sebaiknya kerang hijau disikat dengan bersih untuk memastikan agar seluruh kotoran yang menempel dapat terlepas dengan baik. Selain itu, Sahabat Tani juga bisa menggunakan rempah-rempah untuk membersihkan kerang hijau. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis yang masih melekat pada kerang.

Baca juga: Melejit Kerang Hijau ke Dubai

 

Related News