• 19 April 2024

Tips Jitu Pakan Pembesaran Lobster

Sebenarnya bisnis hewan ini lebih menguntungkan, karena lobster memakan segalanya. Jadi, apa saja yang ada di dasar kolam seperti daun, akar pohon dan sisa makanan seperti ikan mati juga dimakan.

Lobster air tawar merupakan salah satu hewan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hampir setiap tahun, permintaan lobster di pasar terus meningkat. Kondisi ini memberikan peluang bagi budidaya lobster air tawar. Tak hanya itu, warna tubuhnya yang cantik dan cerah juga cocok untuk dipelihara di akuarium. Padahal, lobster jenis ini dikenal memiliki sifat omnivora. Ia mampu memakan semua jenis makanan yang ada di dasar kolam.

Baca juga: Pandemi, Bisnis Lobster Tidak Akan Mati

Dalam budidaya lobster air tawar, pemberian pakan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk membesarkan tubuhnya. Seperti Mauda Irvan Hakim, seorang pembudidayalobster air tawar BSD, menjelaskan jenis pakan yang digunakannya.

Lobster ini hidup di dasar air sehingga merupakan jenis makanan yang mudah tenggelam. Kalau saya pakai pelet udang, kedelai atau kacang hijau," jelas Irvan kepada wartawan Jagad Tani, di tempat budidaya lobster miliknya di Jl. Statistik, Kecamatan Pagedangan, BSD, Kota Tangerang Selatan.

Lebih lanjut Irvan menegaskan, “Sebenarnya bisnis hewan ini lebih menguntungkan, karena lobster memakan segalanya. Jadi apapun yang ada di dasar kolam seperti daun, akar pohon, sisa makanan seperti ikan mati juga dimakan. Mereka (lobster) sudah membusuk, jadi makan sisa makanan, otomatis kita tidak perlu repot mencari makan," ujarnya.

Baca juga: Strategi Peternak Ikan Hadapi PPKM

Selain itu, kata Irvan, sayuran juga bisa dijadikan pakan lobster. Sebab, sifatnya yang mampu memakan segala jenis makanan membuat spesies yang habitat aslinya di sungai ini mudah dibudidayakan.

Irvan mengungkapkan, pakan kacang kedelai diberikan bergantian dengan pelet. Sebab, sama seperti manusia yang mudah bosan, lobster air tawar pun jika diberi makan pelet akan merasa bosan. Sehingga diperlukan jenis pakan lain yang dapat meningkatkan nafsu makannya.

Untuk bisnis lobster air tawar ini perlu kita perbesar. Untuk itu dengan memberikan pakan pelet persentase proteinnya akan cukup dan kandungan lainnya pun juga terpenuhi untuk pertumbuhan lobster cepat tumbuh dan berganti kulit,” jelasnya.

Pria kelahiran Agustus ini juga menambahkan, Sahabat Tani juga bisa memberikan ikan atau daging sebagai pakan lobster. “Karena setiap peternak punya teknik masing-masing dalam pemberian pakan. Yang terpenting disesuaikan dengan kondisi di peternakan,” pungkasnya.

Baca juga: Melejit Kerang Hijau ke Dubai

Related News