• 26 October 2021

Strategi Peternak Ikan Hadapi PPKM

uploads/news/2021/09/strategi-peternak-ikan-hadapi-55321199d091981.JPG
SHARE SOSMED

Fahrul dan peternak ikan konsumsi yang terkena imbas pandemi Covid-19 harus berupaya agar usaha meraka tetap mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pandemi Covid-19 masih terus menyerang banyak negara, termasuk Indonesia. Pandemi ini menyebabkan kerugian besar di berbagai sektor. Salah satu sektor yang sangat terlihat dampaknya adalah sektor perekonomian. Dari adanya dampak buruk pada sektor perekonomian, maka sektor peternakan secara langsung juga menghadapi kerugian yang besar.

Seperti yang dirasakan Fahrul Rozi Peternak gurame yang tinggal di desa Citayam, Tajur halang, Bogor. Ia membagikan ceritanya kepada Jagadtani.id Covid-19 sangat berpengaruh terhadap penjualan. Adanya pandemi Covid membuat ternak ikan konsumsi di daerahnya mengalami penurunan produksi. “Jujur saja saya sedih, pandemi ini sangat berpengaruh, apalagi ditambah sekarang lagi PPKM mobalitas kita penjual dan pembeli otomatis terbatas,” ungkap Fahrul saat dihubungi melalui pesan singkat.

Baca juga: Sulap Gurame Jadi Modal Nikah

Fahrul mengatakan, Ia dan peternak ikan konsumsi yang terkena imbas itu harus berupaya agar kebutuhan hidup sehari-hari tetap bisa terpenuhi. “Salah satu usaha yang dilakukan saya dan teman-teman disini adalah dengan menekuni atau lebih fokus ke penjualan,” tambah pria berkacamata itu.

Budidaya perikanan memang masih menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena ikan yang memiliki sumber protein makin digemari masyarakat semua kalangan, sekaligus menjadikan tubuh tetap sehat bagi pembudidaya karena melakukan aktivitas di tempat terbuka.

Baca juga: Meraup Untung dari Perikanan Budidaya

“Strategi yang saya lakukan sekarang ya meningkatkan kuantiti atau stok yang ada, dan dengan terpaksa menurunkan harga di pengambilan partai terutama untuk suplai petani lokal,” ujar Fahrul.

Melalui berbagai kesempatan pertemuan dengan kelompok masyarakat, instansinya gencar memasyarakatkan budidaya ikan yang mudah untuk dikembangkan masyarakat seperti gurame.

Berbagai jenis ikan tersebut mudah diakses oleh masyarakat dari kelas bawah, menengah, dan atas, apalagi dengan mengonsumsi ikan Fahrul berharap dapat menjaga kesehatan, kecerdasan, kekuatan badan dalam mendukung aktivitas usahanya dan menstabilkan perekonomian keluarga.

Baca juga: Manfaatkan Seluruh Bagian Tubuh Ikan

“Harapan saya semoga pandemi Covid-19 cepat selesai jadi kita semua dapat beraktivitas kembali dengan normal, pengiriman jadi tidak terganggu kontak saya dengan para pembeli juga jadi tidak terbatas dan penjualan meningkat, Amin,” tutupnya.

Related News