• 16 April 2024

Rekomendasi Tanaman Hias Indoor

uploads/news/2021/09/rekomendasi-tanaman-hias-indoor-68509b835f62a6a.jpeg

"Cara perawatan pada tanaman hias indoor pun tidak sulit. Sahabat tani hanya perlu menyiramnya sesekali dalam seminggu"

JAKARTA -Tanaman hias masih banyak digemari oleh masyarakat di masa pandemi saat ini. Tanaman hias memiliki berbagai banyak jenis, baik untuk diletakan di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Selain mengisi dengan perabotan yang sesuai, rumah juga perlu dihiasi dengan tanaman hijau sehingga suasananya semakin teduh.

Khusus untuk tanaman hias indoor, sahabat tani tak perlu takut jika mereka kekurangan cahaya matahari. Karena tanaman-tanaman hias ini lebih tahan ketika tak mendapat cukup asupan cahaya matahari.

Maulana, Pengelola tokok tanaman hias LOF yang berlokasi di Mall Gandaria City memberikan pilihan tanaman hias yang cocok diletakan dalam ruangan. Selain itu, ia juga menyampaikan cara perawatan pada tanaman hias indoor pun tidak sulit. Sahabat tani hanya perlu menyiramnya sesekali dalam seminggu.

Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias Minimalis

Lidah Mertua

Sahabat tani pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang memiliki nama lain sansevieria ini ternyata masih akan menjadi tren pada tahun 2021 dan seterusnya. “Ini dia alasan kenapa tanaman ini masih menjadi idola Mudah dirawat karena tergolong “tahan banting”. Perawatannya yang mudah, jadi banyak orang sangat menyukai tanaman lidah mertua ini. Ditambah, kita tidak perlu meluangkan waktu banyak untuk merawat tanaman ini,” ujar Maulana.

Tanaman kayu karet/Rubber plant

Sering ditemukan di Asia Selatan, tanaman karet atau rubber plant (Ficus elastic) termasuk ke dalam daftar ini. Uniknya, rubber plant memiliki akar yang naik ke atas dan merambat ke batang tanaman, sehingga menghasilkan tampilan yang estetis. Selain senyawa-senyawa polutan sebelumnya, rubber plant juga menyerap senyawa karbon monoksida. “Tanaman ini kalau di Indonesia bisa ditemuin di pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Perawatannya juga gampang, Siram saja secukupnya dan jaga tanah dalam vas tetap lembap, apalagi saat musim panas,” ucap Maulana mengingatkan.

Baca juga: Mengintip Tren Koleksi Tanaman Hias

Kaktus

Tanaman indoor berikutnya adalah kaktus. Bentuk dan warna dari tanaman kaktus sangat beraneka ragam. Maulana menyarankan untuk ditaruh di dalam ruangan kaktus yang bagus adalah jenis sukulen. “Kalau untuk didalam ruangan yang bagus ya sukulen karena dia nggak ada durinya jadi aman kalau kepegang sama anak-anak dan bentuknya pun lucu-lucu,” ujarnya.

Philodendron

Dengan daun yang lebar dan berbentuk unik, tanaman ini dapat membuat ruangan terasa lebih asri. Tahan banting, tanaman ini dapat disiram sekali dalam 1-2 minggu. Philodendron dapat sahabat tani tempatkan di mana ia dapat menerima paparan sinar matahari secara tidak langsung. “Kalau untuk phidendron memang dia agak mahal harganya dari tanaman indoor yang lain,” pungkas Maulana. Sahabat tani juga harus pastikan untuk tidak membiarkan anak-anak atau hewan peliharaan memakan Philodendron karena beracun.

Baca juga: Seni Merawat Tanaman Hidroponik

Related News