• 20 April 2024

Rahasia Unik dari Tanaman Puring

uploads/news/2021/08/rahasia-unik-dari-tanaman-73376289764b076.jpg

“Tanaman puring ini nantinya kalau terkena panas cahaya matahari, jadi timbul warna merahnya. Dan warna merahnya ini jadi bagus sekali”

JAKARTA - Bagi sahabat tani penyuka tanaman hias, tanaman puring bisa jadi koleksi selanjutnya yang harus dimiliki. Tanaman puring atau yang memiliki nama latin Codiaeum variegatum ini, merupakan tanaman hias pekarangan populer berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi.

Warna cantik dari tanaman ini sangat beragam, mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Bentuk daun pun bermacam-macam, ada yang berpola memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya seperti terputus-putus, dan masih banyak lagi.
Nah sahabat tani, tanaman puring ini cocok untuk di pajang di area terbuka seperti kebun maupun taman di halaman rumah. Tapi tanaman puring bisa juga dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Seperti yang dijelaskan oleh Ika, salah satu pengelola tanaman hias di Kaka Florist.

“Biasa juga dipanggil tanaman kroton. Keunikan dari tanaman puring ini, karena dia terkenal di seluruh nusantara, dia dikenal sebagai simbol turisme,” kata Ika, saat ditemui di sepanjang Jalan Boulevard Graha Raya, RT. 004/RW. 005, Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, oleh reporter Jagadtani.id.

Baca jugaMembandingkan Dua Saudara Alokasia Dragon

Lebih lanjut Ika menjelaskan, tanaman puring memiliki ribuan jenis seperti tanaman puring tanduk, puring busaring, puring koin, puring apel, puring cobra, puring jari dan masih banyak ribuan jenis lainnya. Wujud daun tanaman puring sendiri tampak padat dan kasar, namun satu hal unik lagi yang sahabat tani wajib ketahui. Warna merah pada daun tanaman puring timbul karena terkena cahaya, sehingga menimbulkan warna merah yang cantik.

“Tanaman puring ini nantinya kalau terkena panas cahaya matahari, jadi timbul warna merahnya. Dan warna merahnya ini jadi bagus sekali,” ungkap Ika.

Ika juga mengatakan, “Sebenarnya tanaman puring merupakan tanaman khas Thailand, tapi akhirnya di Indonesia juga populer dan jadi favorit para pegiat tanaman hias,” kata wanita asal Kabupaten Sumedang ini.

Untuk kisarah harga dari tanaman puring, kata Ika, untuk puring asal Thailand dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta dan untuk jenis puring lokal, dibanderol mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 700 ribu.

Baca jugaKeladi Baret Kini Jadi Incaran

“Kemudian yang jarang sekali diketahui, kalau penyakit timbul pada tanaman puring seperti warna putih-putih pada daunnya. Bisa di semprot pakai air untung menghilangkan putih-putih tersebut. Nggak perlu pakai pestisida, pakai air biasa saja juga cukup,” tegasnya.

Tanaman hias ini seringkali ditanam dalam pot. Karena warna daunnya yang cantik, tak heran jika tanaman puring sering dimanfaatkan untuk mempercantik halaman rumah. “Perawatannya setiap hari di siram pagi dan sore hari,” tutupnya.

Related News