• 19 April 2024

Membandingkan Dua Saudara Alocasia Dragon

Warnanya ini cantik, tegas dan bila dipajang menyejukan mata. Makanya banyak diincar para pecinta tanaman hias.

TANGERANG - Tanaman jenis alocasia merupakan tanaman hias yang saat ini digemari banyak kolektor tanaman dan sering dijadikan dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Saat ini, harga tanaman alocasia bervariasi, mulai yang cukup terjangkau untuk jenis-jenis tertentu, ada pula yang harganya selangit.

Meskipun begitu, daya tarik alokasia di mata para pecinta tanaman hias tetap cantik dan eksotis, tentu saja dengan harga yang setara dengan kecantikannya.

Jenis alocasia sendiri masih satu famili dengan jenis aglaonema, keladi, dan anthurium.

Baca juga: Keladi Baret Kini jadi Incaran!

Meski demikian, alocasia tak kalah populernya dengan kerabat-kerabatnya tersebut.

Alocasia sendiri memiliki banyak jenis, salah satu yang populer dan digemari banyak orang yaitu, alocasia dragon.

Daunnya yang menyerupai sayap naga, membuat rupanya nampak klasik dan terlihat cantik.

Namun yang Sahabat Tani perlu ketahui, ada alocasia dragon memiliki jenis dua jenis yang berbeda, yaitu ‘alocasia dragon scale’ dan ‘alokasia dragon silver.’

Habitat terbaik tanaman ini sendiri berada di daerah tropis dan subtropis.

Lalu, bagaimana membedakan alokasia jenis dragon scale dengan alokasia jenis dragon silver?

Pertama, bila dilihat lebih teliti, alokasia yang dragon scale ini memiliki warna hijau daun yang pekat, tua, kemudian warna hitam pada tulang daunnya tebal, daunnya juga kuat dan kaku,” kata Ika, salah satu pengelola tanaman hias yang berlokasi di sepanjang Jalan Boulevard Graha Raya, RT. 004/RW. 005, Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, kepada tim Jagadtani.id baru-baru ini.

Selain itu, harga dari alocasia jenis dragon scale ternyata cukup terjangkau.

Ika mengungkapkan, dalam satu pot yang hanya diisi dengan satu daun alocasia dragon scale bisa dibandrol dengan harga Rp 200.000 - 300.000.

Semakin rimbun daun, harga dragon scale pun semakin mahal dan mencapai Rp 700.000 per pot nya.

Berbeda dengan jenis dragon scale, alokasia jenis dragon silver ternyata lebih memiliki harga yang cukup melejit dibandingan dengan dragon scale.

Ika beralasan melejitnya harga dragon silver lantaran lebih sulit ditemukan daripada dragon scale.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kamboja Jepang

Lebih unik yang dragon silver karena lebih sulit ditemukan. Kalau dragon silver ini per satu daunnya bisa dihargai Rp 700.000. Untuk yang rimbun ini harganya Rp 1.500.000,” ujar wanita asal Kabupaten Sumedang ini.

Ciri fisik dari jenis dragon silver terlihat dari tulang daunnya yang berwarna silver dengan guratan hitam tebal dan terlihat seperti membentuk sayap naga.

Selain itu menurut Ika, perpaduan warna hitam dan putih tersebut membuat daun jenis dragon silver terlihat tegas dan memiliki banyak peminat.

Warnanya ini cantik, tegas dan bila dipajang menyejukan mata. Makanya banyak diincar para pecinta tanaman hias. Perawatannya juga mudah, tidak sulit,” tutupnya.

Related News