• 24 April 2024

Keladi Baret Kini jadi Incaran!

Jenis tanaman keladi baret yang saat ini sedang diburu, warnanya cantik perpaduan antara merah dan hijau seperti ini.

TANGERANG - Banyak sekali tren tanaman hias yang bermunculan pada 2020.

Salah satunya tanaman hias yang mencuri perhatian yaitu, janda bolong variegata atau Monstera variegata.

Tak ada yang menyangka, janda bolong yang awalnya memiliki kelainan jenis ini, justru diakui memiliki bentuk yang estetik dan mulai diburu oleh para pecinta tanaman hias dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Tak berhenti sampai disitu, di awal tahun ini, muncul tren terbaru dari jenis tanaman hias yang berbeda.

Baca juga: Mengenal Keluarga Janda Bolong

Salah satu jenis tanaman hias yang sedang gencar diburu para kolektor tanaman hias yaitu, keladi baret (Caladium sp.).

Keladi baret memiliki perpaduan warna daunnya yang unik dan cantik sehingga menjadi daya tariknya yang khas di mata para pecinta tanaman hias.

Jenis tanaman keladi baret yang saat ini sedang diburu, warnanya cantik perpaduan antara merah dan hijau seperti ini. Yang di sini keladi baret lokal semua, asli Indonesia,” kata Ika, salah satu pengelola tanaman hias yang berlokasi di sepanjang Jalan Boulevard Graha Raya, RT. 004/RW. 005, Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, kepada tim Jagadtani.id baru-baru ini.

Harga keladi baret, kata Ika, dibanderol mulai dari Rp 200.000 dengan umur tanaman yang masih tergolong anakan, sedangkan untuk yang sudah dewasa dibanderol antara Rp 400.000 - 1.000.000 hingga Rp 5.000.0000 dengan ukuran yang besar.

Menurutnya, semakin banyak dan lebat daunnya, semakin membuat keladi baret memiliki harga yang mahal.

Yang ini contohnya, harganya Rp 5.000.000, dikirim langsung dari Bengkulu. Banyak sekali yang ke sini karena mengincar keladi baret dan banyak juga yang ke sini karena penasaran, kemudian foto-foto dengan tanamannya. Sampai terkenal ke daerah-daerah sana,” ungkap wanita asal Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat itu.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kamboja Jepang

Lebih lanjut Ika menjelaskan, tanaman keladi baret sangat mudah dalam perawatannya.

Biasanya jenis tanaman ini bisa tahan di kondisi cuaca panas maupun hujan

Bentuk daunnya yang menyerupai hati dan jantung dipadu dengan warnanya yang mengkilap, menjadi alasan lain keladi baret mulai banyak dicari setiap harinya.

Dulu bahkan harganya hanya Rp 40.000 atau Rp 50.000 saja untuk yang anakannya, sekarang bisa dihargai sampai ratusan ribu. Hampir setiap hari ada yang cari keladi baret ini,” tutupnya. 

Related News