• 24 April 2024

Jenis Ikan Air Tawar Nokturnal

uploads/news/2021/07/jenis-ikan-air-tawar-55305c4e3d4b952.jpg

"Ikan memiliki cara tidurnya yang unik. Meskipun dalam keadaan tidur, ikan tetap waspada terhadap serangan dari musuh yang membahayakannya"

JAKARTA - Sahabat tani sudah tahu belum kalau ikan air tawar ternyata ada yang nokturnal loh. Nokturnal merupakan hewan yang tidur pada siang hari, dan aktif pada malam hari. Tidak sama seperti manusia dan hewan darat lainnya, saat ikan tidur tidak akan memejamkan mata dan berbaring. Ikan akan tidur dengan mata terbuka.

Ikan memiliki cara tidurnya yang unik. Meskipun dalam keadaan tidur, ikan tetap waspada terhadap serangan dari musuh yang membahayakannya. Pada saat ikan tidur maka akan memperlambat metabolisme di dalam tubuhnya, biasanya akan terlihat memiliki pergerakan yang lambat. bisa dengan mata terbuka? Karena pada umumnya ikan tidak memiliki kelopak mata seperti halnya manusia maupun hewan darat.

Longnose gar

Ikan Longnose Gar menempati urutan pertama dalam kategori ikan predator air tawar yang termasuk nokturnal. Dilansir dari buku ensiklopedia National Geographic Fauna Pedia oleh Lucy Spellman yang diterbitkan pada tahun 2012, bahwa Longnose Gar berburu pada malam hari, menyerang mangsa dengan barisan gigi di moncongnya yang sempit dan panjang. Saat Longnose Gar mendapatkan mangsanya, ikan ini perlu memutar beberapa derajat agar mangsanya dapat masuk ke mulutnya. Mengingat mulutnya yang begitu kecil, Longnose Gar tidak bisa langsung menelan, melainkan memutar terlebih dahulu mangsa tersebut.

Mangsa Longnose Gar umumnya adalah ikan kecil yang masih hidup. Bila dipelihara, ikan ini senang dengan ikan apa saja seperti ikan lele, komet, nila, dll. Dengan catatan, ukuran ikan tersebut masih cukup untuk mulutnya. Bahkan ikan ini juga mau memakan sejenis ulat seperti ulat hongkong maupun ulat jerman. Tetapi untuk awal-awal biasanya masih harus beradaptasi bila ingin diberi pakan yang mati. Biasanya Longnose Gar sering dijadikan tankmate ikan seperti Peacock Bass, Arwana, Pari, dan lainnya. Temperamennya yang tidak agresif serta pemeliharaannya yang cenderung mudah membuatnya banyak diminati pecinta ikan predator.

Baca juga: Asupan yang Berperan Sebagai Imunostimulan

Mangrove Jack

Mangrove Jack adalah ikan karnivora yang biasa memangsa ikan, krustasea (udang-udangan), dan juga moluska (siput-siputan) di malam hari. Dengan kata lain, karena Mangrove Jack berburu di malam hari maka bisa dibilang ikan ini adalah hewan nokturnal.

Menyergap di mana mangsanya bersembunyi seperti akar-akar pohon bakau, dinding batu, atau daerah (spot) tempat mangsanya biasa berlindung adalah cara-cara berburu Mangrove Jack. Sergapan Mangrove Jack yang cepat, lincah, dan gesit membuat mangsa yang sudah diincarnya tidak dapat berkutik.

Red Bellied Piranha

Red Bellied Piranha merupakan ikan Piranha sejuta umat karena memang banyak dijual di pasar. Dikutip dari Wikipedia, Red Bellied Piranha termasuk ikan predator nokturnal. Ikan Piranha yang lebih kecil akan memangsa di sore hari. lain cerita dengan ikan Piranha yang sudah dewasa yang akan berburu pada saat fajar, sore hari, dan petang hari.

Makanan Red Bellied Piranha sehari-hari adalah serangga, cacing, krustasea, cacing, dan ikan. Bahkan Red Bellied Piranha kerap kali ditemukan memangsa seekor Capybara.

Tidak jarang juga loh Red Bellied Piranha tidak memangsa apapun hingga harus memulung apapun yang ada untuk dimakan. Pada saat memulung itulah mereka akan memakan seperti siput, sirip ikan, bekas potongan daging, bahkan tanaman. Sungguh kasihan sekali kelompok Red Bellied Piranha ini.

Saat Anda memelihara Red Bellied Piranha tidak perlu khawatir, Anda bisa memberi makan si ikan dengan nama latin Pygocentrus natteri ini kapan saja. Sebab Red Bellied Piranha dapat menyesuaikan jam makan apabila sudah dipelihara di tank.

Baca juga: Petani Ikan Pinjamkan Tabung Oksigen

Catfish/Ikan lele

Siapa sih yang tidak mengenal ikan Lele? Ikan sejuta umat ini sering kita jumpai baik untuk dipelihara, direnakkan, bahkan dikonsumsi. Tahukah Anda bahwa ternyata ikan Lele itu merupakan hewan nokturnal. Yang artinya aktif di malam hari tetapi pada saat siang hari mereka cenderung pasif.

Tetapi perlu diingat juga bahwa tidak semua ikan Lele (Order Siluriformes) merupakan ikan nokturnal. Family seperti Loricariidae dan Callichthyidae tidak termasuk dalam golongan hewan nokturnal.

Biasanya ikan Lele atau Catfish senang dengan makanan yang mati karena lebih mudah menjangkaunya. Meskipun dalam beberapa situasi kadang memang perlu sesekali diberi makanan hidup agar insting predatornya tidak pudar.

Baca juga: Obat Herbal Untuk Kesehatan Ikan

Wolf Fish

Sesuai namanya yang berarti serigala, Wolf Fish atau Hoplias (Genus) aktif pada malam hari dan tidur pada siang harinya. Ikan yang mampu tumbuh mencapai 120 cm dengan berat 40 kg ini memiliki insting berburu pada malam hari yang kuat, ditambah dengan kemampuan penglihatan matanya yang tajam membuatnya lihai menyergap mangsa dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Kemudian bentuknya seperti batu membuatnya sulit ditebak oleh ikan-ikan kecil. Wolf Fish lebih senang diberi makanan makanan mati seperti potongan udang atau ikan ketimbang ikan-ikan kecil yang masih hidup. Karena dilihat dari karakteristiknya, ikan ini cenderung agak sedikit pemalas.

Related News