• 20 September 2021

Asupan yang Berperan Sebagai Imunostimulan

uploads/news/2021/07/asupan-yang-berperan-sebagai-23193c62d7b23de.jpg
SHARE SOSMED

"Imunostimulan adalah bahan atau senyawa yang dapat menstimulus sistem imun terhadap adanya pathogen yang baik untuk daya tahan tubuh"

JAKARTA - Sahabat tani, di masa pandemi seperti saat ini penting bagi kita untuk memperkuat imunitas tubuh, selain olahraga dan istirahat yang cukup, asupan gizi juga salah satu faktor utama yang membuat imun kita kuat. Sahabat tani pernah dengar imunostimulan? Imunostimulan adalah bahan atau senyawa yang dapat menstimulus sistem imun terhadap adanya pathogen yang baik untuk daya tahan tubuh. Nah untuk mendukung imunostimulan tersebut sahabat tani harus mengkonsumsi produk-produk perikanan berikut ini.

Teripang

Ekstrak senyawa pada teripang berperan sebagai imunostimulan, yaitu etanol dan polisaklarida. Selain itu terdapat asam amino untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Ekonomi Meningkat Berkat Olahan Lele

Etanol
Teripang memiliki salah satu ekstrak etanol yaitu saponin, yang dapat menghasilkan sel penting bagi tubuh. ekstrak etanol yang dihasilkan adalah sel limposit, monosite, dan neutrophil yang sangat penting dalam menjaga sistem imuun dan mencegah inflamasi.

Polisakarida
Senyawa polisakarida pada teripang meningkatkan produksi nitrit oksida (NO). NO sangat penting karena berfungsi untuk mempertahankan diri dari benda asing pada metabolisme sel, seerti bakteri atau virus.

Asam Amino
Teripang mengandung asam amino yaitu glisin dan asam glitamat. Asam ini mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Petani Ikan Pinjamkan Tabung Oksigen

Rumput Laut

Rumput laut dapat meningkatkan sistem imun spesifik dan non spesifik melalui berbagai sel imun seperti sel makrofag, monosit atau sel limfosit melalui berbagai mekanisme di tingkat seluler.

Sifat imunomudulator rumput laut dalam meningkatkan aktivasi makrofag terjadi melalui peningkatan proliferasi makrofag, produksi NO dan sekresi sitokin.

Metabolisme yang terkandung dalam rumput laut berpotensi sebagai antimikroba. Fungsi rumput laut antara lain untuk antibakteri, antifungsi, antiviral, antitumor, anti-inlammatory. anti-convulsant dan zat sedatif atau zat penenang.

Baca juga: Obat Herbal Untuk Kesehatan Ikan

Ikan

Produk turunan dari ikan mempunyai potensi sebagai imunomodulator. Protein yang berukuran kecil (peptida) ikan yang diperoleh melalui hidrolis. sakah satu yang yang mengandung hidrolis adalah ikan lele yaitu diperoleh melalui hidrolisis yang mampu meningkatkan produksi nitrit oksida (NO)

Nutrisi pada ikan dibutuhkan oleh tubuh, ikan mengandung protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App