• 20 September 2021

Vaksin Covid-19 Berhadiah Hewan Ternak

uploads/news/2021/07/vaksin-covid-19-berhadiah-hewan-54515b78f657151.jpg
SHARE SOSMED


JAKARTA – Berbagai cara kreatif dilakukan untuk menarik minat warga melakukan vaksinasi. Di Cianjur, pejabat lokal membawa tim vaksin dari pintu ke pintu untuk bisa menggapai warga di kawasan pedesaan. Uniknya, warga khususnya lansia yang divaksin dihadiahi ayam ternak. Polsek menyediakan 200 ekor ayam sebagai hadiah bagi para lansia yang sudah melaksanakan vaksinasi. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan minat lansia agar mau disuntik vaksin.

“Kesulitan kita adalah untuk mengedukasi mengenai vaksin covid-19 terutama lansia, karena mereka ada yang memiliki rasa takut, atau ada juga yang memiliki penyakit bawaan jadi lebih hati-hati ketika akan di vaksin,” kata kepala desa Cipanas, Nyangnyang Kurnia.

Baca jugaPentingnya Suntik Otot Bagi Ternak

Asep Saepudin adalah salah satu lansia di Desa Cipanas yang mendapatkan satu ekor ayam hidup usai divaksin. Asep mengakui, dirinya merasa ketakutan sebelum menerima vaksin akibat mengetahui kabar adanya warga lain yang langsung meninggal setelah di vaksin, apalagi ada vaksin mengandung minyak babi.

Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengapresiasi upaya pihak-pihak yang ikut menyukseskan percepatan vaksinasi untuk kalangan lanjut usia (Lansia) yang saat ini perkembangannya baru mencapai 10 persen dari target 4,6 juta lansia di Jawa Barat.

"Saya sangat menghargai pihak-pihak yang memiliki cara sendiri yang unik dan kreatif untuk menarik para lansia agar bersedia mendapatkan vaksin Covid-19. Seperti yang dilakukan aparat pemerintahan di Cipanas, Kabupaten Cianjur. Di sana aparat desa dan Kapolsek, dan vaksinator jemput bola blusukan menyasar lansia agar bersedia divaksin," ucapnya.

Hal serupa juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan Polres setempat. Pihaknya menyediakan undian berhadiah 35 ekor kambing dan 80 ekor ayam untuk warga penerima vaksin tahap awal dengan dosis 1.500.

Baca jugaJeruk VS Jambu Lawan Covid-19

Vaksinasi dilakukan dengan sistem drive thru atau layanan tanpa turun (lantatur) dan diadakan di tiga lokasi, dengan jumlah sasaran mencapai 1.500 orang. Ketiga lokasi tersebut adalah Pasar Pon Trenggalek, Pasar Bendorejo dan area wisata Pantai Prigi.

Setelah disuntik vaksin, warga mendapat kupon undian. Jika beruntung, maka mendapatkan kambing atau ayam. Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin mengatakan cara ini cukup efektif untuk meningkatkan minat warga melakukan vaksin.

"Jika beruntung bisa membawa pulang kambing atau ayam. Hadiah ini kami harapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, karena hewan ternak ini juga merupakan komponen ekonomi," tutup Arifin.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App