• 28 September 2021

Jeruk VS Jambu Lawan Covid-19

uploads/news/2021/07/jeruk-atau-jambu-untuk-8776797d059619c.jpg
SHARE SOSMED

Manakah yang bagus, jeruk atau jambu untuk menangkal virus corona?

JAKARTA – Angka kematian akibat terjangkit penyakit covid-19 terus meningkat. Jumlah pasien yang dinyatakan positif virus corona belum juga menurun ditambah dengan adanya virus corona varian baru telah masuk ke wilayah Indonesia.

“Varian yang digolongkan dengan Varian of Concern atau VoC yang diwaspadai itu ada tiga jenis yaitu B.117, B.1351, dan varian B1617. Varian B.117 ini diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36 sampai 75% dibandingkan dengan jenis virus yang beredar sebelumnya,” ujar Jubir vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengutip dari laman resmi Kemenkes RI.

Untuk mencegah penularan virus ini, maka perlu adanya pembatasan mobilisasi dan tentunya sahabat tani perlu menjaga imun tubuh agar tetap kuat selama menghadapi masa pandemi covid-19.

Tim peneliti Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menemukan sejumlah senyawa yang berpotensi mencegah virus corona atau penyebab Covid-19, salah satunya adalah senyawa yang terkandung dalam jeruk. Namun, tak kalah dengan jeruk, rupanya jambu juga memiliki senyawa yang memperkuat imun tubuh dari serangan virus corona.
Jadi, jeruk atau jambu ya, sahabat tani?

Baca juga Resep Empon-Empon Penangkal Covid-19

Diketahui jeruk mengandung senyawa flavonoid yaitu senyawa hesperidin, yang lebih banyak tinggi potensinya dibandingkan kandungan senyawa dalam herbal lain yang diteliti, yaitu lengkuas, secang, dan kunyit.

"Dari studi skrining secara komputasi menggunakan senyawa-senyawa aktif pada keempat tanaman bahan herbal tersebut diketahui bahwa senyawa pada tanaman jeruk, khususnya hesperidin, memiliki potensi yang paling kuat disusul dengan senyawa pada lengkuas, secang, dan kunyit,” ungkap Muthi, salah satu peneliti dari jurnal “Revealing the Potency of Citrus and Galangal Cobstituents to Halt SARS-CoV-2 Infection”.

Nah, senyawa hesperidin ini dari sejumlah penelitian terdahulu diketahui memiliki manfaat sebagai imunomodulator (meningkatkan imunitas), anti-inflamasi, dan antioksidan. Jeruk menjadi bahan alami yang baik untuk mencegah betacoronavirus, termasuk SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab Covid-19.

Ia mengatakan saat ini terapi virus corona menggunakan Lopinavir dan Nafamostat. Senyawa-senyawa pada jeruk tersebut bisa mengikat berikatan lebih dengan lebih kuat mudah pada protein target pada virus maupun sel inang. Dengan demikian, senyawa dalam jeruk akan menciptakan sebuah blokade sehingga menghambat perkembangan virus untuk menginfeksi sel inang ataupun mereplikasi diri. Untuk itu, jeruk sangat direkomendasikan diteliti lebih lanjut potensinya menjadi obat bahan yang atau bahkan bisa mencegah infeksi virus masuk ke dalam tubuh seseorang.

Baca juga : Manfaat Sebenarnya dari Air Kelapa

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro mengungkapkan, jambu biji merah adalah bahan alam yang dapat meningkatkan imunitas tubuh guna mencegah Covid-19.

“Dari berbagai bahan yang tentunya ada di dalam biodiversitas kita, sudah ada beberapa yang dikaji secara mendalam baik oleh beberapa perguruan tinggi dan juga oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Salah satunya adalah buah jambu biji yang merupakan salah satu bahan terbaik untuk dikonsumsi manusia dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghadapi covid-19 ini,” papar Prof Bambang seperti ditulis dalam laman resmi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tak hanya itu, guru besar IPB, Prof Irmanida Batubara ikut menjelaskan bahwa jambu biji merah memiliki senyawa dari golongan flavonoid potensial untuk dikembangkan sebagai anti-COVID-19.

“Berdasarkan hasil ini, kita mengetahui bahwa senyawa flavonoid dapat berinteraksi baik dengan lima protein target, yaitu 3ClPro, PlPro, SpikeACE2, E34 dan RDrP. Secara insiliko, diketahui bahwa myricetin, rhamnetin, kuersetin, esperidia dan kaempferol merupakan senyawa golongan flavonoid yang paling berpotensi sebagai anti-COVID-19,” jelasnya.

Nah, jadi kedua buah tersebut sama-sama bagus untuk meningkatkan imun tubuh kita agar terhindar dari penyakit covid-19. sahabat tani bisa konsumsi salah satunya sesuai selera atau bisa juga dua duanya, loh. Jadi, kalian tim jeruk atau tim jambu nih?

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App