• 29 March 2024

Resep Empon-Empon Penangkal Covid-19

uploads/news/2021/07/resep-empon-empon-penangkal-covid-19-7040397cf49aaf5.jpeg

"salah satu rempah yang dipercaya dapat menangkal covid 19 yaitu kunyit, temulawak, serai, dan jahe. Jika semua rempah tersebut dicampur akan menjadi jamu yang biasa disebut dengan empon-empon"

JAKARTA - Empon-empon menjadi populer semenjak pandemi COVID-19. Tanaman yang termasuk dalam empon-empon sering disebut bisa meningkatkan imunitas untuk menangkal berbagai virus penyebab penyakit. Empon-empon berasal dari Bahasa Jawa dari kata 'empu' yang berarti rimpang induk atau akar tinggal. Dikutip dari buku Budi Daya Empon-empon Berkhasiat karya Hieronymus Budi Santoso, tanaman empon-empon memiliki senyawa aktif flavonoid, saponin, dan minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai obat

Salah satu rempah yang dipercaya dapat menangkal covid 19 yaitu kunyit, temulawak, serai, dan jahe. Jika semua rempah tersebut dicampur akan menjadi jamu yang biasa disebut dengan empon-empon. Manin, merupakan salah satu warga indonesia yang rutin membuat empon-empon ini untuk keluarganya di rumah.

Baca juga: Jamu Joss Ala Petani Kendal

Pria asal Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta ini, mendapatkan rempah-rempah tersebut dari hasil menanam sendiri. Dari hobi bercocok tanaman, terbukti setiap tumbuhan yang ia tanam dapat ia nikmati hasilnya sendiri. Asal tahu saja, empon-empon sendiri merupakan salah satu minuman favorit Presiden RI Joko Widodo.

Karena itu, saat ini banyak yang mempraktikkannya karena mengandung banyak vitamin untuk menjaga imunitas tubuh. Viralnya minuman empon-empon ini membuat banyak yang menjualnya di pasar atau di pinggir jalan. Saat ditemui Jagadtani.id di rumahnya belum lama ini, Manin membagikan tips cara menbuat empon-empon dengan mudah di rumah sendiri.

Baca juga: Manfaat Teh Delima Bagi Kesehatan

“Bahan Jamu empon-empon itu kunyit, temulawak, serai, sama jahe. Itu bahan utamanya, tapi bahan tambahannya bisa pakai kayu manis, gula aren, dan asam jawa,” ujar pria berumur 53 tahun tersebut

Cara membuatnya, lanjutnya, semua bahan dicuci sampai bersih dengan air mengalir lalu sereh dipotong dua bagian dan digeprek supaya aroma sereh keluar. Lalu iris jahe, kunyit, dan temulawak.

Baca juga: LIPI Kembangkan Antivirus Covid-19 Herbal

“Lalu semua emua bahan utama dan bahan tambahan direbus sampai mendidih dengan api sedang selama 10-15 menit lalu disaring minum selagi hangat,” sebutnya.

Nah, tidak sulit kan untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut? Sahabat Tani juga bisa membelinya di pasar atau tukang sayur lalu mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

Related News