• 20 September 2021

Ini Penyebab Tanaman Cepat Mati

SHARE SOSMED

"Cara yang tepat untuk merawat tanaman indoor adalah dengan membuat jadwal kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman"

JAKARTA - Bagi sahabat tani yang tengah memiliki hobi berkebun, pasti ada momen di mana kita merasa bingung mengapa tanaman yang sudah dirawat dengan baik pun bisa cepat busuk dan mati. Khususnya tanaman di dalam ruanagan atau indoor Perawatan yang berlebihan menjadi sebab masih banyak tanaman menjadi layu dan busuk.

Biasanya perawatan yang berlebihan didasari oleh alasan kalau tanaman yang di tempatkan di dalam ruangan, membutuhkan perawatan ekstra agar tanaman bisa hidup. Jika perawatan yang sahabat tani lakukan selama ini sudah dianggap cara terbaik, bisa jadi cara tersebut yang jadi penyebab tanaman di rumah mati atau busuk. Berikut beberapa penyebab tanaman bisa cepat mati.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun

Terlalu banyak memberi air

Karena tanaman indoor berbeda penangannya, kita sering beranggapan dengan memberikan air terus menerus, memang dibutuhkan sehingga tanaman tidak mati akibat kekurangan air. Padahal, terlalu banyak memberi air pada tanaman di dalam ruangan justru bisa menyebabkan akar tanaman menjadi busuk dan membuat tanaman jadi mati.

Jadi anggapan terlalu sering memberikan air pada tanaman bisa membuat tanaman menjadi tumbuh subur adalah anggapan yang salah. Setelah mengetahuinya, mulai sekarang sahabat tani jangan terlalu banyak dan terlalu sering memberikan air pada tanaman ya. Cara yang tepat untuk merawat tanaman indoor adalah dengan membuat jadwal kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman.

Baca juga: Tanaman-Tanaman Penghilang Stres Saat Pandemi

Kurangnya Cahaya

Tanaman yang tidak mendapatkan cahaya yang cukup yang sesuai dengan yang tanaman tersebut butuhkan bisa menjadi faktor tanaman mati. Tanaman yang kekurangan cahaya, warnanya akan terlihat jauh lebih pucat dibandingkan dengan tanaman yang berdaun hijau dengan pencahayaan yang cukup.

Kalau warna tanaman berubah menjadi lebih pucat, itu menandakan tanaman tersebut akan akan mati atau layu. Meski tanaman di dalam ruangan ditempatkan di dalam ruangan, kamu harus memastikan jika tanaman tersebut mendapatkan pencahayaan yang cukup. Oleh sebab itu, sebaiknya tempatkan tanaman indoor di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari.

Baca juga: Perhatikan Protokol Kesehatan Untuk Petani

Terlalu sering memindahkan tanaman

Terlalu sering memindahkan tanaman juga bisa menjadi penyebab tanaman sahabat tani cepat layu dan mati loh. Cobalah untuk tidak memindahkan tanaman indoor terlalu sering. Bahkan hal yang terkesan sederhana seperti memindahkan tanaman dari sudut kamar tidur ke spot dekat jendela, juga tidak dianjurkan. Tanaman adalah mahluk yang memerlukan penyesuaian dengan sekitarnya. Dengan kita memindahkan tanaman terlalu sering, ini bisa membuat mereka merasa stres.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App