• 20 September 2021

Tanaman-Tanaman Penghilang Stres Saat Pandemi

uploads/news/2021/07/tanaman-tanaman-penghilang-stress-saat-426416f6ba2365b.jpg
SHARE SOSMED

"Menghabiskan waktu dengan tanaman bisa membantu meningkatkan suasana hati, mencegah stres, mengurangi agresi atau perasaan marah, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan"

JAKARTA – Rasanya bosan sekali bukan selama berada di rumah secara terus-menerus? Tak hanya bosan, bahkan tak sedikit yang mengalami stress karena adanya pandemi covid-19.

Jika sahabat tani mengalami stres dan mencari ide untuk mencari ketenangan selama berada di rumah, memiliki tanaman hias ternyata mampu menurunkan kadar stres yang sedang dialami oleh seseorang. Menghabiskan waktu dengan tanaman bisa membantu meningkatkan suasana hati, mencegah stres, mengurangi agresi atau perasaan marah, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia dan berbagai macam sumber lainnya, berikut beberapa tanaman hias indoor yang mampu menurunkan stres selama sahabat tani berada di rumah :

Mint

Tanaman Mint seringkali dimanfaatkan sebagai tambahan yang lezat untuk masakan. Namun, tanaman ini ternyata mampu menjadi penghilang stress loh. Sebuah studi oleh Wheeling Jesuit University menemukan bahwa aroma mint dapat menurunkan perasaan frustrasi dan meningkatkan kesadaran.

Baca juga: Manfaat Strawberry Untuk Ibu Hamil

Lavender

Lavender merupakan jenis tanaman yang memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Bunga lavender sering dijadikan sebagai aroma terapi dan juga parfum ruangan untuk menyejukkan udara. Tanaman ini sangat terkenal karena manfaat dari aromanya dapat menghilangkan stres. Banyak produk yang dibuat dari jenis tanaman yang satu ini, seperti sabun, lilin, hingga krim perawatan kulit.

Chamomile

Tumbuhan yang berasal dari benua eropa ini memiliki zat anti-inflamasi yang bersifat menenangkan dan dapat membantu mengatasi sakit perut. Tak hanya itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Phytomedicine mengatakan, chamomile juga bermanfaat meringankan efek samping dari stres, seperti sindrom iritasi usus, diare, pergerakan usus yang tidak beraturan, serta masalah tidur.

Baca juga: Aquascape, Hiburan Saat Isoman

Catnip

Kenal dengan tanaman Catnip? Catnip atau yang dikenal dengan nama kumis kucing ini merupakan agen penenang alami untuk kucing. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh US Enviromental & Protection Agency, tanaman catnip juga dipercaya memiliki sifat penenang yang dapat membantu proses relaksasi pada manusia.

Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini memang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Aloe vera dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Di samping khasiatnya yang baik untuk kecantikan dan kesehatan, ternyata lidah buaya juga bisa membantu mengurangi stres dan juga dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Disebut demikian, karena tanaman ini akan melepaskan oksigen saat malam hari yang sangat dibutuhkan seseorang untuk dihirup saat tidur.

Baca juga: Resep Empon-Empon Penangkal Covid-19

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App