• 17 September 2021

Tips Memilih Hewan Kurban Terbaik

SHARE SOSMED

“Yang pertama untuk domba atau kambing pastinya itu diumur satu tahun atau lebih, dan sudah pupak giginya atau sudah berganti”

BOGOR – Sahabat tani, memperingati hari raya Idul Adha akan identik dengan pemotongan hewan kurban. Bagi umat islam yang mampu, maka berkurban menjadi hal yang wajib hukumnya untuk ditunaikan. Ibadah kurban Idul Adha tidak hanya memberi kegembiraan bentuk syukur yang melaksanakannya tetapi juga bagi masyarakat yang menerima.

Baca juga : Peternakan Unik di Atap Rumah

Sebelum berkurban, ada baiknya sahabat tani perlu mengetahui jenis kurban yang hendak dipilih. Pastikan hewan kurban yang dipilih ialah terbaik sesuai syariat islam dan bisa disesuaikan juga dengan dana yang telah disiapkan. Rizky Abdullah, salah satu Owner Dombaik Husbandry memberikan tips memilih hewan kurban yang baik untuk dikurbankan. Yuk simak informasinya.

“Yang pertama untuk domba atau kambing pastinya itu diumur satu tahun atau lebih, dan sudah pupak giginya atau sudah berganti. Kedua memilih hewan kurban yang baik saat ini adalah memilih dari salah satu bentuk bobot tersebut yaitu domba, kambing atau sapi. Selanjutnya dapat dilihat dari bobotnya yang bagus, nafsu makannya meningkat dan tidak ada cacat fisik,” tutur Rizky kepada Jagadtani.id, saat ditemui di peternakan Dombaik Husbandry yang terletak di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : Viral, Sapi Terkecil di Dunia

Pria kelahiran 95’ ini menjelaskan bahwa salah satu bentuk ketidak adanya cacat pada tubuh hewan ialah bentuk mata air yang berwana ke merah muda. “Bentuk mata air yang bagus untuk hewan kurban adalah mata air yang merah kepink-pink an. Kami tidak menyarankan untuk memilih hewan yang mata airnya kekuningan atau sayu dan nafsu makannya kurang, karena menurut kami itu tidak layak untuk dijadikan hewan kurban. Bisa masuk kategori hewan kurban tidak layak konsumsi atau sakit,” ucapnya.

Untuk jenis hewan kurban domba atau kambing, bobotnya minimal 22 kilogram dan bisa lebih. Karena jika kurang dari bobot tersebut maka gizi yang ada di dalam tubuhnya pun belum cukup.

Sementara untuk sapi dilihat dari umurnya yang minimal sudah dua tahun dan memiliki nafsu makan yang baik. Sebab, sapi yang memiliki nafsu makan baik maka dikatakan sebagai hewan sehat yang masuk dalam kategori siap dikurbankan. Dengan mengetahui kategori tersebut, sahabat tani pun dapat menentukan hewan kurban yang hendak dipilih untuk kurban Idul Adha.

Baca juga : Kurban Ternak Betina Terancam Pidana

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App