• 31 July 2021

Peternakan Unik di Atap Rumah

uploads/news/2021/07/peternakan-unik-di-atap-18679ee70218430.jpeg
SHARE SOSMED

“Padatnya jumlah peduduk serta minimnya lahan pertanian menjadi salah satu alasan para peternak beternak di atap rumah"

JAKARTA – Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya umat islam yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban. Masyarakat umat islam di seluruh belahan dunia, memiliki caranya masing-masing dalam menyambut hari tersebut. Salah satu yang tengah menjadi perhatian ialah umat islam di Pakistan. Dimana mereka menyambut hari raya ini dengan memperlihatkan peternakan sapi di atap rumah.

Baca juga : Peternakan Sapi Apung Pertama Sedunia

Warga Karchi yang beternak jenis hewan kurban seperti sapi, kambing, kerbau, domba dan lainnya biasa melakukan kegiatan tersebut sejak belasan tahun lamanya. Setiap tahunnya, sapi-sapi milik Sayed Ejaz Ahmad diturunkan menggunakan derek dari peternakan atap ke jalanan padat di Nazimabad. Sebab, padatnya jumlah peduduk serta minimnya lahan pertanian menjadi salah satu alasan para peternak beternak di atap rumah yang berlokasi di Kota Karachi, Pakistan.

“Saya membeli ternak ketika mereka masih kecil. Saya membawa mereka ke atap melalui tangga dan membesarkannya" tutur Ahmad, seperti melansir Reuters. Ia menambahkan ketika hewan peliharaannya sudah besar-besar, maka ia tidak lagi membawa hewan tersebut melalui tangga tetapi diangkat langsung menggunakan derek.

“Kemudian (setelah satu tahun) ketika mereka dewasa, kami tidak bisa menurunkannya ke tanah menggunakan tangga, jadi itu sebabnya Saya harus menyewa derek untuk melakukannya," jelasnya. Penyembelihan hewan ternak, biasa dilakukan bagi orang-orang mampu dengan membagikan daging tersebut kepada tetangganya, orang-orang terdekat dan yang membutuhkan. Biasanya, hari keempat sebelum perayaan dilaksanakan, sapi tersebut telah di potong terlebih dahulu oleh warga muslim di Pakistan. Sehingga, perayaan tersebut penting untuk dipertontonkan kepada masyarakat.

Baca juga : PPKM Menjelang Penjualan Hewan Kurban

Pria tersebut mengaku sudah 18 tahun beternak sapi di atap rumahnya. Hal ini justru dinilai ekonomis walaupun ia harus menyewa derek untuk mengangkut hewan ternaknya. Perayaan Idul Adha tahun ini dengan tahun kemarin tak jauh berbeda, pemerintah Pakistan menyarankan kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban secara online agar dappat mengurangi penularan Covid-19.

Selain itu saat hendak mengunjungi Pasar ternak, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker, agar menuju hari raya Idul Adha ini dapat mengurangi jumla angka pasien covid-19. Selain itu, pemerintah juga melakukan penerapan pembatasan jarak sosial pada tahun ini termasuk penutupan pasar setengah hari menyebabkan penurunan pelanggan yang biasanya ramai kini menjadi sepi pembeli, seperti yang juga dialami negara-negara Muslim lainnya.

Baca juga : Memesan Hewan Kurban Saat PPKM

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App